BIB Lembang Memperkenalkan Inseminasi Buatan pada Sapi


Pertanianku – Pembangunan peternakan memerlukan penyediaan bibit ternak genetik unggul yang berbasis pada informasi dan pelayanan prima pada masyarakat yang mengelola peternakan menjadi unggul dan dapat bersaing di pasaran.

BIB Lembang Memperkenalkan Inseminasi Buatan pada Sapi

Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang, Bandung sebagai laboraturium yang unggul dalam mutu serta telah berpengalaman untuk menyediakan semen beku (benih/bibit ternak unggul). Pasalnya peningkatan mutu sangat dipengaruhi oleh kualitan indukan pejantan yang digunakan untuk inseminasi buatan. Untuk itulah peternak memerlukan semen baku  dari pejantan unggul yang telah terseleksi, sehingga genetik keturunan yang unggul dapat meningkat yang akhirnya dapat memberikan nilai ekonomis yang tinggi dan menguntungkan bagi peternak.

Peningkatan mutu dan produksi peternak akan memberikan keuntungan pada para pengusaha peternakan. Oleh karena itu, semen beku produksi BIB Lembang membantu mendapatkan keturunan ternak yang lebih bermutu dan dapat meningkatkan produktivitas ternak.

Proses produksi inseminasi dilakukan setiap tetes semen beku ternak diproses di laboraturium yang higienis, serta menggunakan teknologi yang modern. Proses produksi dilakukan dan diawasi oleh peneliti yang ahli di bidangnya baik dalam maupun luar negeri.

Sebagai Balai yang bergerak di bidang industri biologis, penerapan biosecurity menjadi prioritas utama manajemen BIB Lembang, melalui beberapa tahapan seperti.

  1. Upaya sanitasi, yang dilakukan pada ternak, kandang, peralatan dan tempat penyimpanan pakan, petugas dan pengunjung serta penanganan limbah.
  2. Upaya preventif, dilakukan perawatan kuku, pemberian obat cacing serta vaksinasi.
  3. Upaya kuratif, dilakukan pengisolasian dan pengobatan ternak sakit, pengambilan sampel untuk pemeriksaan laboraturium penyakit hewan.
Baca Juga:  Anjing Laut Leopard Berdatangan ke Berbagai Pantai Australia
loading...
loading...