Bibit Generatif vs Bibit Vegetatif, Mana Bibit Mangga yang Lebih Bagus?

Pertanianku — Teknik perbanyakan tanaman mangga umumnya dilakukan melalui tiga cara, yakni bibit vegetatif,  generatif, serta kombinasi generatif dan vegetatif. Tiap teknik perbanyakan memiliki keunggulan dan kelemahannya tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan tujuan dan kemampuan. Cukup sulit untuk menentukan mana yang lebih bagus. Hal ini karena pada dasarnya kedua jenis bibit tersebut bagus apabila digunakan untuk tujuan yang tepat.

bibit vegetatif
foto: pertanianku

Bibit generatif

Perbanyakan generatif merupakan teknik perbanyakan secara seksual dengan menggunakan biji tanaman. Teknik perbanyakan ini terbilang paling mudah dan murah, Anda bisa menggunakan biji buah sisa konsumsi. Biji yang ditanam akan menghasilkan tanaman baru yang berbeda dari induknya, bisa lebih bagus atau malah kurang bagus. Cara pengerjaannya pun terbilang mudah.

Jika ingin memperbanyak dengan cara generatif, sebaiknya pilih biji poliembrional karena tanaman baru yang akan dihasilkan tidak akan jauh berbeda dengan sifat induknya.

Tanaman yang dihasilkan dari bibit generatif umumnya memiliki pertumbuhan yang lebih lambat dibanding bibit vegetatif sehingga Anda perlu mempersiapkan waktu yang lebih lama. Namun, sistem perakaran tanaman ini terbilang cukup kuat sehingga tidak mudah roboh.

Bibit vegetatif

Perbanyakan vegetatif merupakan perbanyakan aseksual yang dilakukan dengan cangkok atau runduk. Tanaman baru yang akan dihasilkan tidak jauh berbeda dari induknya sehingga Anda dapat mengetahui lebih dini kualitas buah yang akan dihasilkan. Selain itu, tanaman juga cepat berbunga dan berbuah meskipun masih pendek.

Bibit vegetatif dapat tumbuh di daerah dengan permukaan air tanah yang dangkal karena sistem perakarannya juga dangkal dan tidak berakar tunggal. Namun, pada musim kemarau, bibit tanaman tidak tahan kekeringan sehingga intensitas pengairan perlu ditingkatkan.

Baca Juga:  Organic Asia Congress, Pertanian Organik Harapan untuk Masa Depan Bumi yang Sehat

Perbanyakan secara vegetatif terbilang lebih susah dan harus dilakukan oleh penangkar bibit yang sudah ahli. Namun, Anda bisa membelinya langsung di toko-toko pertanian tepercaya, seperti Toko Trubus. Ingat, bibit vegetatif menurunkan sifat induknya sehingga Anda harus lebih berhati-hati ketika membeli bibit vegetatif. Pastikan bibit tersebut berasal dari induk yang bagus dan sudah pernah berbuah.

Bibit vegetatif lebih sering dipilih oleh petani buah dan pehobi yang ingin menanamnya di pot. Pasalnya, sistem perakaran tanaman yang dangkal tidak akan merusak wadah pot yang digunakan.

Bibit vegetatif sangat cocok bagi Anda yang ingin segera menikmati hasil panen tanaman. Anda bisa mendapatkan bibit vegetatif mangga berkualitas di Toko Trubus. Beragam bibit mangga unggulan, baik mangga lokal dan introduksi tersedia di Toko Trubus. Anda bisa mendapatkannya melalui daring dengan menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus maupun mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat.