Biji Buah Rambutan Ampuh Tumpas Diabetes


Pertanianku — Rambutan memiliki kandungan karbohidrat, lemak, protein, fosfor, besi, vitamin C, dan kalsium. Tapi tahukah Anda? Biji buah rambutan ternyata dapat dijadikan sebagai obat diabetes.

biji buah rambutan
Foto: Shutterstock

Buah rambutan (Nephelium lappaceum) merupakan tanaman tropis yang tergolong dalam suku Sapincia Ceap atau lerak-lerakan. Tanaman ini berasal dari kepulauan Asia Tenggara yang banyak ditanam sebagai pohon buah.

Kulit buah rambutan mengandung tannin dan saponin. Sementara, bijinya mengandung polifenol dan lemak. Kulit batangnya mengandung tannin, flavonida, saponin, zat besi, dan pectic substance. Daun rambutan mengandung saponin dan tannin.

Di dalam buah rambutan tersimpan khasiat sebagai obat yang tidak ternilai harganya. Menurut kajian pakar tanaman obat, setiap 100 gram buah rambutan mengandung 69 kalori, 58 mg vitamin, dan 18,1 gram karbohidrat.

Buah rambutan juga memiliki kadar serat yang cukup tinggi, sekitar 2 gram per 100 gram berat buah. Dengan banyaknya kandungan di dalam rambutan, akan cocok bagi kesehatan dan bagi orang-orang yang tengah berdiet.

Sementara itu, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh ahli gizi, Pram Pramono, ekstrak methanol pada biji rambutan mengandung senyawa falvonoid dan fenolik. Ekstrak methanol tersebut mengandung senyawa yang terdiri atas 5 fenolik (flavonoid) dan 1 fenolik bukan flavonoid.

Manfaat dari ekstrak methanol tersebut mempunyai aktivitas hipoglikemik jadi berpotensi membantu pasien yang mengidap diabetes. Selain itu, biji rambutan juga dipercaya bisa mengobati sakit pinggang.

Berikut ini cara membuat obat herbal dari biji rambutan yang bisa Anda tiru di rumah.

  • Siapkan 5 biji rambutan dari buah yang matang.
  • Pisahkan biji dari daging buahnya, lalu dibersihkan.
  • Selanjutnya, potong menjadi beberapa potongan kecil-kecil dan sangrai dengan api sedang.
  • Setelah berubah warnanya menjadi kuning kecokelatan, matikan api kemudian tiriskan di dalam wadah, biarkan sampai dingin.
  • Selanjutnya, haluskan biji rambutan dengan menggunakan blender atau tumbuk biji rambutan yang telah disangrai tersebut sampai mendapatkan tekstur yang lembut dan halus.
  • Setelah itu, seduh bubuk biji rambutan dengan air panas, biarkan seduhan tersebut dingin dan air terpisah dari ampasnya.
  • Minum seduhan tersebut 1—3 kali sehari, 30 menit sebelum makan. Dan, apabila mengidap diabetes parah, konsumsilah setiap hari secara rutin.
Baca Juga:  Ingin Alpukat Berbuah di Segala Musim? Begini Cara Merawatnya