Biji Kacang Panjang Bisa Diolah Jadi Tempe


Pertanianku – Tempe merupakan salah satu makanan olahan yang terbuat dari kacang kedelai yang telah difermentasi. Namun, tahukah Anda jika tempe dapat dibuat dari bahan lain? Pasti Anda tidak akan percaya, jika tempe dapat dibuat dari biji kacang panjang bukan? Bagaimana rasa tempe dari biji kacang panjang?

Kini banyak inovasi terbaru di dunia kuliner yang memungkinkan menciptakan sesuatu yang berbeda dari biasanya. Meski terdengar tak masuk akal, tempe dari biji kacang panjang ini sangat lezat. Tidak hanya lezat, tapi tempe ini memiliki kandungan gizi yang tak kalah baik dengan tempe kedelai.

Membuat tempe dari biji kacang panjang bisa menjadi alternatif di kala harga kedelai sedang melambung. Cara membuatnya tidak berbeda jauh dengan membuat tempe kedelai. Proses pembuatan tempe meliputi pemilihan kacang panjang, penimbangan, perendaman, pengupasan kulit ari, pencician, pengukusan, penirisan, inokulasi, pengemasan, dan fermentasi.

Untuk membuatnya, Anda perlu memilih biji kacang panjang yang berkualitas dan bertekstur bagus seperti kulit polong, potongan batang atau ranting. Biji sebaiknya tidak luka atau bebas serangan hama dan penyakit. Biji tidak memar dan kulit biji tidak keriput.

Setelah itu dicuci, direndam selama 6—12 jam agar biji kacang panjang mekar. Kemudian dicuci kembali dan diakhiri dengan penirisan sehingga dihasilkan kacang panjang basah. Proses selanjutnya yakni perebusan untuk melunakkan, setelah direbus kacang direndam dengan air selama 24 jam. Hal ini bertujuan menurunkan kadar keasaman sehingga dapat ditumbuhi jamur.

Kacang panjang yang telah direndam, ditiriskan dan selanjutnya dikupas, dan dicuci beberapa kali hingga kacang panjang tidak berbau asam lagi, dan kulit ari yang tertinggal sesedikit mungkin. Setelah itu, kacang panjang ditaburi jamur Rhizopus sp. Untuk proses peragian, kemudian dikemas, bisa menggunakan plastik ataupun daun pisang.

Baca Juga:  Tanaman Padi Diubah Jadi Sumber Listrik? Ini Penjelasannya

Jangan lupa memberi lubang-lubang kecil bila menggunakan plastik agar jamur bisa tumbuh sempurna. Letakkan tempe yang sudah dikemas pada suhu kamar dan dalam waktu satu hari. Tempe lezat siap dinikmati.

Apakah Anda tertarik mencoba membuat tempe dari bahan biji kacang panjang? Selamat mencoba!

loading...
loading...