Biji Sirsak, Beracun tapi Punya Kegunaan Luar Biasa


Pertanianku Biji sirsak mirip seperti biji sawo namun sedikit lebih besar. Warnanya yang hitam sangat kontras dengan daging buah sirsak yang berwarna putih. Meski sedikit beracun, dan tidak boleh dikonsumsi, biji sirsak ternyata bisa juga dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Biji sirsak
Foto: Pertanianku

Pada suatu penelitian disimpulkan bahwa biji sirsak memiliki kandungan senyawa bioaktif, yaitu alkaloid yang terdiri dari annonaine dan acetogenins. Senyawa ini biasa digunakan sebagai pestisida nabati.

Bagi sebagian orang, biji buah sirsak digunakan sebagai bahan anticacing (Vermifuges) dan membunuh serangga. Bangsa Brasil menggunakan minyak biji sirsak untuk bahan kosmetik karena minyak tersebut berfungsi sebagai astrigent atau toner pembersih permukaan kulit yang kotor, bahkan bisa juga dimanfaatkan untuk membunuh kecoa atau serangga lain dalam jumlah besar.

Berikut ini penjelasan tentang kegunaan biji buah sirsak yang perlu Anda ketahui. Yuk, simak ulasannya.

  1. Membasmi kutu

Biji daun sirsak diketahui ampuh sebagai pembasmi kutu. Caranya, yaitu ambil beberapa biji sirsak, giling menjadi bentuk bubuk dan campurkan dengan sedikit air hingga membentuk pasta. Oleskan pada kepala dan diamkan selama 10 menit. Kemudian, cuci bersih dengan air biasa. Lakukan kegiatan ini setidaknya dua kali dalam seminggu selama satu bulan.

  1. Membasmi serangga

Kegunaan biji sirsak lainnya, yaitu untuk membasmi serangga. Caranya, haluskan biji sirsak dan campurkan dengan air. Biarkan selama beberapa hari, lalu taburkan di sekitar rumah, terutama di daerah yang penuh dengan serangga.

  1. Sebagai pestisida

Campuran yang sama dengan ramuan untuk membasmi serangga juga bisa digunakan sebagai pestisida untuk kebun Anda. Aplikasikan pada tanaman selama 10 sampai 15 hari untuk menghilangkan serangga pemakan daun.

  1. Obat aborsi
Baca Juga:  Daun Ketumbar Punya Manfaat Ajaib Ini, Lho!

Benih buah ini banyak digunakan oleh perusahaan farmasi karena sifat abortifasinya yang diverifikasi secara medis. Ini digunakan untuk membuat obat-obatan yang dirancang untuk menginduksi aborsi.

Itulah beberapa kegunaan luar biasa dari biji sirsak yang mungkin belum Anda ketahui. Untuk itu, mulai saat ini jika Anda mengonsumsi buah sirsak, maka jangan buang bjinya. Jadikan biji buah itu sebagai pestisida nabati untuk kebun atau tanaman Anda. Selamat mencoba!