Bikin Balsam dari Jahe, Bagaimana Ya?


Pertanianku — Jahe merupakan salah satu rempah yang sering dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, campuran jamu, dan minuman. Namun ternyata, Anda bisa membuat balsam dari jahe, lho.

balsam dari jahe
Foto: Pixabay

Seperti dilansir laman Bobo, Esti Rahayu, seorang mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) melakukan sebuah inovasi terhadap tanaman jahe. Ia mengolah jahe dan menjadikannya salah satu bahan untuk membuat balsam yang bermanfaat menghilangkan rasa nyeri atau pegal-pegal di tubuh.

Jahe memiliki kandungan antinyeri yang bisa meredakan penyakit rematik. Tidak hanya itu, balsam yang terbuat dari jahe juga bisa menghaluskan kulit setelah Anda menggunakannya.

Awalnya, Esti melakukan inovasi ini untuk memenuhi tugas akhirnya di perkuliahan, yaitu pengajuan skripsi. Namun tidak disangka, ia melanjutkannya hingga balsam itu benar-benar dibuat.

Hal itu dilatarbelakangi dari banyaknya masyarakat yang menderita rematik karena aktivitas dan makanan yang dikonsumsi. Sementara itu, ada pula orang yang sudah tua terkena rematik karena sendi-sendinya yang memendek akibat faktor usia.

Proses pembuatan balsam jahe

Proses pembuatan balsam dari jahe ternyata cukup mudah dan bisa Anda praktikan sendiri di rumah. Pertama, jahe dikupas hingga bersih, lalu diparut dan diperas. Kemudian hasil perasaannya diekstrak menjadi minyak jahe.

Setelah didapatkan minyak jahe, ditambahkan bahan lain seperti vaselin, mentolm paper mint, stearic acid, dan minyak zaitun. Semua bahan tadi dipanaskan hingga meleleh dan tercampur. Selanjutnya, diamkan hasil olahan selama dua hari hingga akhirnya menjadi balsam dengan bahan dasar jahe.

Meskipun terlihat cukup mudah, Esti mengalami kesulitan saat pertama kali membuatnya. Misalnya saja saat dia mengekstrak jahe, waktu yang dibutuhkan untuk mengubah jahe menjadi endapan dan minyak jahe itu memakan waktu yang sangat lama. Akan tetapi, ia melakukannya dengan sabar, hingga didapat hasil yang memuaskan.

Baca Juga:  Kegunaan Minyak Kelapa untuk Redakan Eksim

Lalu, apa bedanya balsam biasa dengan balsam jahe?

Balsam jahe tidak membuat kulit terasa lengket dan mempunyai wangi yang khas. Selain itu, saat dicoba dan dioleskan pada orang tua, rasa nyeri yang dirasakan menjadi berkurang. Sayangnya, balsam ini belum diujicobakan di laboratorium sehingga belum bisa dipasarkan.