Bill Gates Kucurkan Dana Rp533 Miliar untuk Sapi


    Pertanianku — Lagi, apa yang dilakukan Bill Gates membuat seluruh dunia terkagum-kagum padanya. Setelah menggelontorkan uang untuk membayar utang Nigeria, ia kembali membuka dompetnya untuk investasi. Bill Gates kucurkan dana Rp533 miliar untuk sapi.

    Bill Gates kucurkan dana Rp533 miliar untuk sapi
    Foto: Google Image

    Tidak seperti investor pada umumnya, ia tidak menanam uang pada perusahaan teknologi, tetapi untuk menciptakan sapi berkualitas super. Gates menyerahkan uang tersebut melalui organisasi nonprofit yang bermarkas di Eidinburgh, Skotlandia, GALVmed, dan bekerja sama dengan Universitas Eidinburgh.

    Kabarnya, pendiri Microsoft itu ingin menciptakan sapi yang dapat memproduksi susu empat kali lebih banyak sekaligus mampu bertahan hidup di cuaca panas seperti di Afrika. Seperti kita ketahui, selama ini sapi dengan penghasil susu terbaik tinggal di wilayah subtropis.

    Tujuan Gates mengembangkan sapi kualitas super itu ialah untuk mengatasi kelaparan. Karena itu, jika sudah mendapatkan jenis sapi super yang sesuai, hewan memamah biak itu akan dialokasikan ke sejumlah negara di Afrika.

    Namun sayang, tidak disebutkan bagaimana sapi kualitas super tersebut diciptakan. Akan tetapi, berdasarkan informasi yang dipublikasikan Business Insider, Selasa (30/1/2018), gen sapi super itu diperoleh melalui cara inseminasi (kawin suntik).

    Selain menciptakan sapi kualitas super, dana yang diberikan oleh orang terkaya kedua tahun 2017 ini akan dialokasikan juga untuk mengembangkan tanaman bebas hama dan penyakit. Selama ini, penyakit yang menyerang tanaman pangan seringkali mengakibatkan petani Afrika gagal panen. Ini tentu saja berimbas pada perekonomian petani dan meningkatnya kasus kelaparan di Afrika.

    Kucuran dana segar yang diberikan bos Microsoft tersebut tidak hanya akan membantu mengatasi masalah kelaparan, tapi juga berkontribusi pada kemajuan penelitian Inggris, terutama di bidang pertanian dan peternakan.

    Baca Juga:  Hal Paling Penting dalam Merawat Tanaman Jahe

    Menurut Menteri Pembangunan Internasional Inggris, Penny Mordaunt, selama ini Afrika telah mengalami krisis pangan yang diakibatkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kondisi alam yang tidak menentu hingga wabah penyakit.

    Dengan bantuan dana dari Bill Gates, tim peneliti dari Universitas Eidinburgh akan membawa nama Inggris untuk menciptakan terobosan baru. Terobosan ini diharapkan dapat mengatasi masalah kemiskinan, kelaparan, dan wabah penyakit yang menyerang sebagian negara Afrika.

    “Ini akan membantu Inggris menciptakan dunia yang lebih sehat, aman, dan sejahtera bagi kita semua,” ujar Mordaunt dikutip dari Dailymail.

    Niat Bill Gates untuk mendanai penciptaan sapi kualitas super tentu saja menuai kontroversi. Pasalnya, sejumlah ilmuwan memperingatkan bahwa sapi membawa dampak buruk bagi lingkungan. Kotoran yang mereka hasilkan mengandung metana, salah satu gas rumah kaca yang berimbas pada pemanasan global.

    Meski begitu, Bill Gates tidak mengubah pendiriannya. Sebab menurutnya, keberadaan sapi kualitas super dapat membantu mengurangi kemiskinan dan kelaparan global.

    “Meskipun berhadapan dengan isu lingkungan, Faktanya masih banyak orang miskin menggantungkan hidup dan perut mereka pada ternak,” ujar Gates.