Binahong Mampu Urungkan Operasi Tiroid


Pertanianku Binahong adalah tanaman obat yang tumbuh di daratan rendah ataupun daratan tinggi dan mempunyai khasiat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Tak disangka, binahong mampu urungkan operasi tiroid pada seseorang yang dinyatakan tingkat hipertiroidnya sangat membahayakan.

binahong
Foto: Google Image

Melansir Majalah Trubus, Heri Prasetyo (bukan nama sebenarnya) divonis menderita hipertiroid. Kondisi itu membuatnya kesulitan menelan makanan dan sulit tidur sehingga menyebabkan bobot tubuhnya menurun. Puncaknya, dalam seminggu ia hampir tidak makan lantaran lehernya terlalu sakit untuk menelan makanan.

Melihat kondisi penyakit yang kian membahayakan, dokter menyarankan kepada Heri untuk melakukan operasi. Penanganan hipertiroid dengan operasi pemotongan kelenjar tiroid dapat menyembuhkan 100%. Namun demikian, jika terjadi kesalahan dalam operasi tersebut, maka bisa menyebabkan krisis tiroid.

Heri menolak rujukan dokter untuk berobat ke Tiongkok, bukan karena tidak mampu hanya saja ia tidak ingin menjalani pembedahan. Akhirnya, istri Heri mencari solusi lain, yaitu dengan menghubungi seorang herbalis di Bandung, Evy B. Sartono.

Evy menyarankan Heri untuk mengonsumsi daun binahong segar sebanyak 7 lembar yang dicampur dengan 200 ml air. Kemudian istri Heri mengikuti saran dari Evy, ia membuatkan ramuan itu untuk suaminya dan efeknya memang luar biasa. Setelah beistirahat, Heri kemudian makan dan ia tidak merasakan sakit saat menelan.

Sehari sekali Heri mengonsumsi ramuan itu selama tiga hari dan ia merasa jauh lebih baik. Rasa sakit di tenggorokannya mereda dan nafsu makannya pun meningkat. Di hari keempat Heri mengunjungi dokter untuk memeriksakan penyakitnya dan dokter pun dibuat terkejut. Kelenjar tiroid di lehernya yang semula membengkak kembali normal dan dokter menyatakan ia tak perlu menjalani operasi.

Evy menjelaskan, binahong dapat mengatasi berbagai penyakit degeneratif karena di dalamnya terkandung triterpenoid, saponin, dan flavonoid. Disamping itu, binahong juga dapat digunakan untuk pengobatan luka, tipus, maag, radang usus, ambeien, pembengkakan, pembekuan darah, rematik, luka memar, asam urat, stroke, dan diabetes.

Baca Juga:  Jamur Kombucha, Rahasia Diet Detoks Alami Anti-obesitas

Pemanfaatan sederhana adalah untuk mempercepat penyembuhan luka di kulit. Cukup dengan menempelkan daun binahong di kulit yang terluka.