Binatang Menggelikan Ini Punya Manfaat Menakjubkan


Pertanianku —  Obat-obatan tradisional tidak hanya bisa Anda dapatkan dari tumbuhan, tetapi juga dari hewan-hewan yang dikenal menggelikan. Nah, apa saja jenis binatang tersebut? Yuk simak, berikut khasiat binatang menggelikan ini bagi pengobatan.

binatang menggelikan
Foto: Google Image by Busy.org
  1. Tokek

Tokek dipercaya dapat mengobati asma, penyakit kulit, dan menambah stamina. Bahkan, menurut penelitian, daging tokek juga dapat menambah kekebalan tubuh yang juga membantu menghancurkan sel-sel tumor ataupun kanker. Biasanya, daging binatang ini dikemas dalam bentuk pil atau digoreng. Oleh karena khasiatnya yang sangat penting, harga tokek dijual sampai miliaran.

  1. Katak

Katak atau kodok masih jarang digunakan sebagai obat dan lebih sering diolah sebagai bahan makanan. Akan tetapi, peneliti menemukan bahwa kulit katak bisa menjadi obat untuk 70 penyakit utama termasuk kanker.

Para ilmuwan dari Queens University Belfast berhasil memenangkan penghargaan atas studinya tentang kulit katak yang bisa menjadi obat untuk 70 penyakit utama. Para peneliti tersebut mendapatkan pujian sebagai Medical Futures Innovation Awards di London pada Senin 6 Juni 2011.

  1. Tarantula

Protein yang ada pada bisa tarantula spesies Chilian rose berpotensi untuk mengatasi penyakit distrofi otot. Pada penderita penyakit ini, serabut ototnya mengalami kerusakan sehingga fungsi ototnya terganggu dan melemah secara progresif. Namun secara spesifik, protein dari tarantula ini akan membantu memperlambat proses pelemahan sel-sel ototnya.

Manfaat bisa tarantula ini ditemukan ilmuwan asal University of Buffalo, Frederick Sachs, PhD. Meskipun pengobatan dengan bisa ini belum diujicobakan pada manusia, protein ini telah berhasil membantu tikus yang mengalami distrofi otot memperoleh kekuatannya kembali pada percobaan awal.

  1. Cacing tanah

Sebagian orang mungkin menganggap cacing adalah hewan yang menjijikkan, dan tidak banyak memberi manfaat kepada kita kecuali bagi para petani yang merasa terbantu dalam proses menjaga kualitas tanah perkebunannya.

Baca Juga:  Tanpa Efek Samping, Ini Dia Manfaat Daun Sirsak untuk Kemoterapi

Namun ternyata cacing mengandung kadar protein yang sangat tinggi. Beberapa khasiat cacing di antaranya untuk obat tipus, menurunkan kolestrol, menurunkan tekanan darah tinggi, mengobati infeksi saluran pernapasan, dan menurunkan kadar gula dalam darah.

  1. Undur-undur

Menurut penelitian yang dilakukan beberapa ahli di Indonesia, undur-undur mempunyai kandungan zat yang berupa sulfonylurea. Zat sulfonylurea bermanfaat untuk melancarkan sistem kerja pankreas dan memproduksi zat insulin, zat tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam meningkatkan kekebalan. Selain itu, undur-undur juga berkhasiat menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes, hipertensi, asma, dan asam urat.