Bingung Cara Memulai Usaha Beternak Itik?

Pertanianku — Untuk jenis usaha yang menghasilkan produk berupa barang hidup seperti itik, persiapan utama yang harus ada adalah pasar. Jika Anda sudah mengetahui potensi pasar dari produk yang dihasilkan, rancangan kegiatan usaha bisa berjalan lebih mudah. Namun, untuk pemula biasanya mereka akan mengalami kebingungan harus memulai dari mana untuk usaha beternak itik. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda persiapkan untuk memulainya.

beternak itik
foto: pertanianku

Mengetahui potensi pasar

Saat Anda sudah mengetahui bahwa pasar mengalami kekurangan telur itik, hal tersebut bisa menjadi pertanda yang baik untuk usaha. Anda juga bisa melakukan survei kebutuhan telur itik di daerah tersebut beserta harga jualnya. Saat melakukan survei, Anda bisa mempelajari seberapa besar skala usaha itik petelur yang bisa Anda dirikan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Persiapkan mental

Semua usaha yang berpotensi pasti memiliki hambatan yang harus Anda antisipasi. Itik merupakan makhluk hidup yang bisa sakit dan mati akibat hama dan penyakit. Mental Anda harus dipersiapkan untuk menghadapi kemungkinan terburuk seperti terjadinya wabah penyakit menular. Dengan begitu, Anda akan mempelajarinya dan mempersiapkannya untuk menghadapi kemungkinan tersebut.

Persiapan mental sebagai pelaku bisnis itik merupakan hal penting. Anda harus sabar, tekun, dan berani. Usaha ini merupakan usaha jangka panjang yang memerlukan waktu lebih dari satu tahun untuk mendapatkan hasil yang menguntungkan. Selain itu, selama masa pemeliharaan peternak pasti menghadapi kesulitan. Mental yang baik tidak akan membuat peternak menyerah, tetapi justru akan semangat belajar dari kesalahan dan masalah.

Survei lingkungan peternakan

Jika sudah memiliki perhitungan yang matang terkait potensi produk itik di pasar dan memiliki mental yang kuat, langkah selanjutnya adalah melakukan survei lokasi yang sesuai untuk beternak itik. Saat menentukan lokasi sebaiknya Anda melakukan konsultasi dengan pemerintah daerah setempat untuk menanyakan rencana pembangunan peternakan itik. Hal tersebut juga berguna untuk mempermudah proses pengajuan perizinan usaha peternakan.

Baca Juga:  Cara Merawat Kelinci yang Sedang Hamil

Administrasi

Administrasi bisa mendukung proses peternakan berjalan dengan lancar. Selain itu, dengan administrasi yang baik, segala sesuatu yang berada di dalam proses peternakan bisa berjalan efektif dan efisien, karyawan lebih bersemangat menjalankan tugas, dan pembagian tugas antarkaryawan lebih jelas.

Program produksi

Program produksi harus dirancang dengan baik agar hasil yang didapatkan tidak berlebih atau kurang. Program produksi yang akan dijalankan berkaitan erat dengan daya serap di pasar dan kemampuan perusahaan untuk menyediakan hasil produksi.

 

 

 

 

 

 

 


loading...