Biopestisida Nabati untuk Melindungi Sayuran dari Hama

Pertanianku — Hama merupakan hewan yang muncul di sekitaran pohon dan menjadi binatang pengganggu bahkan merugikan. Hama tersebut bisa dibasmi dengan biopestisida nabati yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti sayuran dan tumbuh-tumbuhan.

biopestisida nabati
foto: pertanianku

Sesuai dengan namanya, pembasmi hama tersebut akan menghasilkan pestisida yang bersifat organik tidak mengandung bahan kimia. Biopestisida sebenarnya sudah bisa dibeli di toko-toko pertanian. Namun, Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan meracik bahan-bahan alami yang bisa Anda dapatkan sendiri.

Sebenarnya, formula biopestisida ada banyak. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan. Berikut ini beberapa formula biopestisida nabati yang bisa Anda gunakan.

Loading...

Formula srikaya

Bahan yang digunakan adalah biji srikaya. Cara pembuatan dilakukan dengan menumbuk 200 gram biji srikaya hingga menjadi tepung, campur dengan air, lalu saring. Semprotkan larutan tersebut ke tanaman yang diserang oleh jenis hama seperti aphid, semut, dan beberapa hama lainnya.

Fomula sirsak

Bahan yang dibutuhkan adalah biji sirsak. Formula ini dibuat dengan menumbuk 150 gram biji sirsak hingga menjadi tepung. Setelah itu, campur dengan 1 liter air dan saring. Semprotkan larutan tersebut ke bagian yang terkena hama seperti aphid, semut, dan beberapa hama lainya.

Formula tomat

Bahan yang dibutuhkan adalah batang dan daun tomat. Didihkan 2 genggam batang dan daun tomat dengan air sebanyak 1—2 liter. Setelah itu, biarkan dingin terlebih dahulu baru disaring. Larutan sudah bisa digunakan untuk membasmi kutu daun, telur serangga, ulat bulu, dan bakteri pembusuk.

Formula gamal

Sebanyak 200 gram daun beserta batang gamal ditumbuk dan diberi 1 liter air. Saring larutan dan ambil ekstraknya. Semprotkan cairan tersebut ke tanaman yang terkena hama. Biopestisida ini bisa membasmi berbagai jenis hama.

Baca Juga:  Menanam Pohon Jabon Mendatangkan Banyak Keuntungan

Formula rumput mala

Rumput mala sebanyak 50—100 gram yang akan digunakan harus dikeringkan terlebih dahulu. Selanjutnya, bakar rumput tersebut di samping tanaman yang terkena hama. Asap yang dihasilkan berguna untuk mengendalikan hama yang menyerang tanaman. Asap tersebut sangat ampuh mengusir serangga yang berada di sekitar perkebunan.

Cabai merah

Sebanyak 150 gram cabai merah dikeringkan, lalu ditumbuk atau digiling hingga menjadi tepung. Campurkan tepung cabai dengan air, lalu saring. Larutan ini dapat mengusir berbagai jenis serangga yang ada di sekitar tanaman.

 

Loading...
Loading...