Bioplastik, Plastik Ramah Lingkungan dari Rumput Laut

Pertanianku — Pencemaran sampah plastik sudah menjadi masalah yang serius karena jumlahnya sudah sangat menumpuk, sedangkan penguraiannya berlangsung sangat lama hingga ratusan tahun. Itu sebabnya banyak negara berinovasi menciptakan berbagai jenis produk untuk mengatasi pencemaran ini. Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) telah mengeluarkan inovasinya berupa bioplastik dari rumput laut.

bioplastik dari rumput laut
foto: pixabay

Bioplastik tersebut dihasilkan dari riset yang telah dilakukan oleh Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM). Rumput laut merupakan salah satu bahan yang sangat berpotensial untuk diolah menjadi bioplastik karena mengandung karaginan yang termasuk salah satu fikokoloid paling menjanjikan dalam membentuk film yang sangat baik.

Metode pembuatan yang digunakan untuk bioplastik dari rumput laut adalah metode ekstrusi. Ekstrusi adalah proses yang berkesinambungan selama bahan baku plastik meleleh dan dibentuk menjadi panjang terus-menerus dari produk plastik dengan profil konstan cross sectional. Selanjutnya, produk dipotong dengan ukuran panjang yang diinginkan oleh peralatan pasca-die.

Rangkaian alat extrude dapat menghasilkan film yang seragam dengan kapasitas produksi mencapai 2,42 kg/jam. Berikut ini beberapa rangkaian alat yang dibutuhkan dalam pembuatan bioplastik dari agar-agar.

Mixer

Mixer dengan spesifikasi kapasitas tangki 5 kg dilengkapi dengan sistem pengaduk berputar ½ HHP dan pemanas listrik dengan total daya 470 Watt. Material mesinnya terbuat dari stainless steel dan hard chrome.

Extrude

Tipe screw tunggal dengan kapasitas produksi 2,42 kg per jam. Alat extrude dilengkapi dengan empat elemen pemanas elektrik dengan thermocontrol dan memiliki 1 lubang die berdiameter 2—3 mm. Mesin extrude terbuat dari stainless steel dan chrome dengan total daya 600 Watt.

Konveyor

Konveyor yang dibutuhkan memiliki spesifikasi panjang 1,5 m dengan media pendingin air dan dilengkapi dengan water chiller. Konveyor terbuat dari stainless steel dengan total daya 125 Watt (220 V).

Baca Juga:  Mengulik Beragam Manfaat Jerami Padi

Pelletizer

Pelletizer yang dibutuhkan memiliki spesifikasi berupa pisau berputar dengan motor ¼ HP dan dilengkapi dengan pengatur kecepatan. Material pembuat pelletizer adalah stainless steel dengan daya 70 Watt (220 V).