Biosekuriti untuk Peternakan Ayam Kampung

Pertanianku— Kesehatan ayam menjadi prioritas utama sehingga peternak harus berupaya menjaganya setiap saat. Mulai dari masa pertumbuhan hingga proses panen tiba. Banyak peternak ayam yang gagal karena kurang memerhatikan kondisi kesehatan ayam. Peternak dapat menerapkan biosekuriti ayam kampung dan pencegahan penyakit agar kondisi kesehatan ayam terjaga dengan maksimal hingga waktu panen tiba.

biosekuriti ayam kampung
foto: Pertanianku

Program biosekuriti ayam kampung merupakan suatu tindakan untuk menghindari hewan ternak kontak dengan mikroorganisme penyakit. Program ini sudah umum dipakai oleh peternak ayam broiler yang terkenal lebih sensitif. Untuk menjamin program biosekuriti berjalan lancar, peternak perlu melakukan beberapa akivitas rutin seperti di bawah ini.

  1. Melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan seluruh ayam kampung secara berkala.
  2. Setiap kandang harus memiliki peralatan makan dan minum secara khusus.
  3. Menerapkan sistem pemeliharaan all inall out.
  4. Membersihkan kandang dan penampungan dari limbah padat unggas.
  5. Melakukan pengosongan kandang atau penampungan ayam kampung setiap hari.
  6. Mencegah hewan liar masuk ke kandang, seperti kucing, anjing, burung liar, dan lain-lain. Hewan tersebut bisa membawa bibit penyakit dan menyebabkan ayam menjadi stres.
  7. Pisahkan ayam yang sedang sakit ke kandang terpisah.
  8. Segera bakar setiap ayam yang mati karena sakit untuk menghentikan penyebaran penyakit.

Biosekuriti tersebut pada dasarnya dilakukan dengan tiga prinsip, yakni membatasi dan mengontrol terjadinya kontaminasi, melakukan program sanitasi secara rutin untuk membebaskan kandang dari hama dan penyakit, serta melakukan program vaksinasi secara tepat dan akurat untuk meningkatkan kekebalan tubuh ayam.

Kontaminasi bukan hanya datang dari hewan liar, melainkan terbawa oleh peralatan yang digunakan, pekerja, dan barang-barang yang masuk ke kandang. Oleh karena itu, peternakan perlu menyediakan desinfektan untuk membersihkan peralatan yang akan digunakan ke dalam kandang.

Baca Juga:  Penyebab Anak Ayam Menjadi Stres yang Wajib Diwaspadai

Kegiatan ini sangat penting dilakukan karena penyakit merupakan penyebab kerugian yang paling sering terjadi. Penyakit bisa menyebabkan kematian unggas dalam skala yang besar. Selain itu, penyakit tersebut juga berbahaya karena bisa menular ke manusia.

 


loading...