Bisa Hidup Abadi, Hewan Ini Belum Banyak yang Tahu

Pertanianku — Tahukah Anda bahwa ternyata beberapa fauna bisa hidup abadi? Hewan-hewan ini secara teori bisa mencapai umur yang sangat tua, bahkan bisa terhindar dari kematian akibat tua. Apa sajakah hewan abadi tersebut?

Foto: ourmarinespecies.com

Flatworm

Hewan yang satu ini masih satu keluarga dengan cacing planaria. Flatworm punya kemampuan regenerasi yang menakjubkan. Tubuh cacing ini bisa tumbuh menjadi individu baru apabila mengalami pemotongan. Dengan demikian, kemampuan regenerasinya pun menjadi tak terbatas.

Loading...

Tree weta

Berbeda dengan flatworm yang merupakan jenis cacing, hewan abadi yang satu ini berasal dari keluarga besar serangga. Tree weta merupakan serangga dengan ukuran yang cukup besar. Hewan ini pun hanya bisa ditemukan di wilayah Selandia Baru.

Tree weta bisa hidup abadi karena bisa bertahan dalam kondisi iklim yang tidak kondusif, yakni suhu yang sangat dingin. Tubuh tree weta memiliki darah dengan protein yang unik. Protein ini memungkinkan bagian jantung dan otak serangga ini tetap hidup meskipun seluruh tubuhnya beku karena suhu yang sangat dingin. Saat suhu kembali normal, serangga ini bisa kembali beraktivitas seperti biasa.

Tartigrade

Tubuh hewan yang satu ini sangat kecil, yakni hanya mencapai 1,5 milimeter. Tartigrade berhabitat di bawah air. Ciri hewan ini adalah memiliki delapan kaki. Tartigrade bisa ditemui di hampir seluruh penjuru dunia.

Ketahanan hewan ini teruji dalam berbagai situasi dan kondisi alam. Ia bisa tetap hidup pada suhu udara yang tinggi ataupun sangat rendah. Pada 2007, para peneliti mengirimkan hewan ini keluar angkasa dan masih bisa bertahan hidup.

Lungfish

Punya ciri utama berupa tubuh yang memanjang, lungfish dikenal juga dengan nama salamander fish. Umumnya, ikan membutuhkan media air untuk bisa bertahan hidup. Namun, lungfish tidaklah demikian. Ia bisa hidup tanpa air selama lebih dari enam bulan dan kembali hidup ketika mendapatkan air. Lungfish bisa memanfaatkan oksigen tanpa bantuan air.

Baca Juga:  Penyelundupan 74 Ekor Burung Senilai Rp1 Miliar Digagalkan

Wilayah penyebaran ikan ini adalah daerah Afrika, Amerika Selatan, dan Australia. Ia merupakan ikan air tawar yang hidup di rawa berlumpur. Bentuk lungfish sendiri merupakan bentuk dan struktur tubuh primitif yang diwariskan dari nenek moyangnya.

Hydra

Hewan yang satu ini bisa ditemui di dasar lautan. Hydra dikenal bisa melakukan reproduksi tanpa harus berpasangan dengan hydra lainnya. Selain itu, ia memiliki kemampuan terus-menerus memperbarui sel tubuhnya sendiri. Oleh karena itu, secara teori hydra tidak bisa menua dan bahkan bisa hidup abadi.

Immortal jellyfish atau ubur-ubur abadi

Memiliki bentuk yang unik, ubur-ubur ini ternyata punya keistimewaan lain. Spesies yang dimakud adalah Turritopsis nutricula yang bisa dijumpai di perairan Mediterania dan perairan Jepang.

Secara ilmiah, hewan ini bisa terus bertahan hidup karena mengalami siklus yang unik. Setelah memasuki fase dewasa, ubur-ubur ini bisa kembali menjadi polip yang menempel ke dasar laut. Kemudian, ia akan kembali dewasa dan mengulang fase hidupnya.

Loading...
Loading...