Bisnis Jamur Bikin Makmur


Pertanianku —Sebagian orang beranggapan, usaha budidaya jamur terlihat rumit dan hanya dapat dilakukan dengan skala dan modal yang besar. Namun, sebenarnya bisnis jamur juga dapat dilakukan walau hanya pada skala rumahan. Dan, bisnis jamur juga bikin makmur.

bisnis jamur
Foto: Google Image

Seiring perkembangan teknologi budidaya, banyak usaha yang semula hanya dilakukan skala besar atau pabrik, kini mulai dikerjakan pada skala rumahan. Penerapan usahanya pun dapat dilakukan di teras rumah.

Dalam hal ini, jangan pernah mengira bahwa suatu usaha yang dilakukan pada skala rumahan hanya memiliki penghasilan yang minim. Sebelum menjadi perusahaan yang besar, mereka bahkan memulainya dari sesuatu yang kecil terlebih dahulu.

Barangkali dengan memulai usaha dari skala yang kecil, seorang pembudidaya jamur bisa menguasai semua alur usahanya. Mulai dari teknik budidaya, pembagian kerja, pengelolaan usaha, hingga urusan keuangan. Dengan demikian, ketika usaha yang dilakukan telah berkembang jadi lebih besar, maka tidak ada kecanggungan lagi dalam mengelola usahanya, bahkan dapat meminimalisir kegagalan.

Berikut ini beberapa keuntungan mengelola usaha jamur skala rumahan yang bisa Anda dapatkan. Berminat? Yuk, simak ulasannya.

  • Usaha dapat dilakukan dengan modal awal yang tidak terlalu besar, misalnya Rp4 juta (untuk membeli baglog berisi bibit).
  • Anda dapat menentukan jam kerja sendiri alias tidak dibatasi jam kerja.
  • Bisa dilakukan sebagai usaha sambilan, yakni di luar pekerjaan utama atau kegiatan lain.
  • Karena usaha dilakukan di teras rumah, biaya produksi dapat ditekan. Misalnya, tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi atau pekerjaan dapat dibantu oleh anggota keluarga.
  • Anda menjadi pemilik dari usaha Anda sendiri.
  • Anda dapat melibatkan keluarga Anda untuk berlatih menjadi seorang entrepreneur.
  • Anda dapat menyusun mekanisme kerja sendiri bila usaha yang dilakukan berkembang karena mekanisme pengolahannya telah dipupuk sejak dini.
Baca Juga:  Yuk, Kenali Ragam Produk Olahan Moringa

Setelah mengetahui beberpa keuntungan bisnis jamur skala rumahan, berikut ini ada tips sederhana menjalankan usaha jamur skala rumah tangga supaya mendapatkan keuntungan optimal, dikutip dari buku Usaha 4 Jenis Jamur Skala Rumah Tangga.

  1. Kuasai proses dari semua segmen kegiatan usaha.
  2. Potong rantai kegiatan yang berpotensi meningkatkan pengeluaran biaya produksi.
  3. Manfaatkan atau gunakan bahan bekas sehingga biaya menjadi lebih murah.
  4. Bila memungkinkan, jalin kerja sama dengan pembudidaya jamur lain. Dengan demikian, beban usaha dapat ditanggung bersama.

Tertarik berbisnis jamur? Yuk, cari tahu lebih lengkapnya di buku Usaha 4 Jenis Jamur Skala Rumah Tangga.

loading...
loading...