Bisnis Pembenihan Ikan, Dari lahan Sempit Hingga Lahan Luas


Pertanianku – Selain pasarnya sangat terbuka dan teknologinya sudah dikuasai, usaha pembenihan juga dapat dimulai dari lahan terbatas, misalnya dengan menggunakan pekarangan rumah. Dalam lahan tersebut bisa dibangun berbagai sarana pembenihan, seperti kolam induk, kolam pemijahan, dan hatchery.

Tips Hemat Lahan Dengan Produksi Tinggi Pada Budidaya Benih Ikan

Dengan menjalankan usaha pembenihan di pekarangan, pengelolaannya akan menjadi sangat mudah. Pengembangan usaha pembenihan di pekarangan rumah memiliki potensi yang sangat besar. Bayangkan adaberapa rumah di Indonesia yang memiliki pekarangan, tetapi belum termanfaatkan dengan baik. Bahkan, ruangan kosong yang tidak terpakai pun bisa dipakai sebagai sarana pembenihan. Nah, mulailah usaha pembenihan tersebut dari pekarangan dan tentu saja dengan skala kecil. Dari skala kecil tersebut, nanti akan berkembang menjadi skala besar. Namun, siapapun bisa memulainya langsung dengan skala besar, terutama bagi orangorang yang memiliki lahan pekarangan yang luas dan modal yang besar.

Bila usaha pembenihan bisa dilakukan di pekarangan dengan lahan yang terbatas, sudah pasti usaha ini bisa juga dilakukan di lahan yang lebih luas, misalnya di lahan yang jauh dari rumah. Namun, untuk menjalankannya diperlukan berbagai pertimbangan lainnya, terutama pertimbangan teknis dan ekonomis. Hal yang paling penting adalah lahan tersebut terjamin keamanannya.

 

Sumber: Buku Paduan Lengkap Benih Ikan Konsumsi

 

Baca Juga:  Sumsel Jadi Juara Nasional Kuliner Berbahan Dasar Ikan