Boba Rumput Laut, Inovasi Lezat dan Bergizi

Pertanianku — Siapa yang tak kenal boba, salah satu jajanan yang populer sejak beberapa tahun terakhir. Boba kerap dijadikan bahan campuran untuk minuman agar minuman terasa lebih bervariasi. Hingga saat ini sudah banyak versi lain dari boba, tak hanya bola-bola kecil berwarna cokelat kehitaman. Salah satu inovasi boba yang perlu Anda ketahui adalah boba rumput laut.

boba rumput laut
foto: unsplash

Boba rumput laut merupakan hasil inovasi dari Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP), Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM). Boba ini tidak terbuat dari tepung tapioka, tetapi dari anggur laut berjenis Caulerpa sp.

Boba yang umumnya dijumpai terbuat dari tapioka. Sebenarnya, boba tersebut menyimpan bahaya karena bisa memicu gangguan pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisinya yang rendah, terutama serat. Pada dasarnya tepung tapioka memiliki kandungan nutrisi yang rendah dan tidak mengandung mineral.

Melansir dari kkp.go.id, dari serangkaian riset, boba rumput laut hadir dan bisa menjadi substitusi boba yang selama ini banyak dijual di pasaran. Anggur laut yang digunakan sebagai bahan baku boba kaya akan nutrisi, seperti protein, serat pangan, asam amino, asam lemak Omega-3, Omega-6, Omega-9, dan mineral.

Inovasi boba ini juga dapat menjadi solusi untuk mengatasi daya simpan Caulerpa segar yang sangat singkat, hanya 2—3 hari. Pengolahan boba berhasil tidak mengubah citra, aroma, rasa, kualitas nutrisi, serta bentuk dan tekstur Caulerpa.

Boba rumput laut mengandung protein nabati sebanyak 17—27 persen, antioksidan tinggi karena mengandung vitamin lengkap antara lain vitamin A, B2, B3, B12, C, dan E. Boba ini juga mengandung asam amino seperti asam glutamat, serin, alanin, dan asam amino lainnya.

Baca Juga:  Ekonomi Biru Menjadi Titik Tolak Terobosan Perikanan Budidaya

Tak hanya itu, boba rumput laut juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, zat besi, mangan, dan zinc. Di dalam boba ini terkandung serat makanan tak larut air yang dapat membantu usus besar, sembelit dan ambeien. Hal penting yang perlu Anda ketahui dari boba rumput laut ialah kadar lemaknya rendah sehingga aman dikonsumsi oleh pegiat diet.