Bogor Pasok Bawang Putih Sebanyak 8 Ton ke Pasaran


Pertanianku – Guna menjaga kestabilan harga komoditas pangan khususnya bawang putih selama Ramadan hingga Idul Fitri mendatang, Perusahaan Daerah Pasar Pakuan Jaya bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bogor memasok 8 ton bawang putih ke pasar.

Saat ini harga bawang putih ditaksir sekitar Rp25.000 per kilogram (kg). Dirut PD Pasar Pakuan Jaya Kota Bogor Andri Latief mengatakan, pada awal Ramadan, harga bawang putih sempat menyentuh Rp46.000 per kg.

Menurutnya, harga kebutuhan pangan di kala Ramadan memang sulit untuk dikontrol. Oleh karena itu, operasi pasar rutin diadakan setiap Ramadan yang diyakini dapat mengendalikan beberapa haga komoditas pangan.

Terkait bawang putih, Andri menjelaskan pasokan bawang putih yang diterima dari pemasok memang jumlahnya sedikit.

“Secara umum harga kebutuhan dan ketersediaan harga bahan pokok relatif masih stabil. Kami juga intens melakukan koordinasi dengan pihak kementerian dan dinas terkait. Sejumlah sembako mengalami kenaikan akibat permainan ulah spekulan nakal. Namun berhasil dikendalikan,” kata Andri, sebagaimana mengutip Republika (12/6).

Lebih lanjut Andri mengungkapkan, menjelang dan hingga saat Ramadan, harga bahan kebutuhan umumnya mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan meningkatnya permintaan. Selain itu, ada juga permainan kotor para spekulan dalam menimbun barang-barang kebutuhan.

“Bahkan pemerintah pusat saat menjelang Ramadan telah melaksanakan konferensi video yang dipimpin langsung Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Tito Karnavian didampingi beberapa menteri dengan para kepala daerah untuk mengantisipasi melonjaknya harga kebutuhan dan mencegah aksi para spekulan nakal,” tambahnya.

Sementara itu, untuk produk lain yang harganya masih cukup tinggi adalah rawit merah. Harganya masih Rp65.000 per kg. Harga itu sudah turun dibanding awal Ramadan yang sempat menembus Rp100.000. “Harganya sempat mengalahkan harga daging,” tutupnya.

Baca Juga:  Belanda Siap Kerja Sama Kembangkan Bawang Merah di Indonesia
loading...
loading...