Bolehkah Anak-Anak Mengkonsumsi Kopi?


Pertanianku – Kopi seringkali identik dengan minuman orang dewasa. Rasanya tak lengkap jika dalam sehari tidak minum secangkir kopi sebelum mulai melakukan aktivitas. Namun, ternyata anak-anak pun mulai banyak yang minum kopi.

Bolehkah anak-anak mengonsumsi kopiAda banyak penelitian menemukan manfaat kopi untuk kesehatan. Seperti yang dilansir oleh kidzworld.com, enam cangkir kopi dalam sehari dapat menurunkan risiko penyakit diabetes, penyakit parkinson, kanker usus hingga alzheimer. Namun, di saat bersamaan, terlalu banyak minum kopi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Dr. Tomas De Paulis, seorang peneliti yang mengkhususkan diri pada kopi dan efeknya pada anak, mengatakan bahwa sebetulnya kopi tidaklah buruk dikonsumsi oleh anak-anak. Pada anak-anak, kopi dapat meningkatkan konsentrasi sehingga bermanfaat jika dikonsumsi sebelum anak menjalani ujian. Sebuah penelitian di Brazil, negara penghasil kopi terbesar di dunia, menemukan bahwa anak-anak yang minum kopi dengan susu setiap pagi akan terhindari dari depresi daripada yang tidak mengonsumsinya sama sekali.

Namun, perlu diingat, minum kopi juga memiliki efek negatif terkait jumlah kandungan kafeinnya. Kafein dalam kopi akan menimbulkan masalah pada jantung dan saraf serta memperbesar kemungkinan hiperaktif. Selain itu, terbiasa mengonsumsi kafein dapat membuat anak kecanduan. Jadi, jika Anda ingin memberikan kopi kepada anak, berikan dalam batas sewajarnya, misalnya satu minggu sekali hanya secangkir kecil. Jangan biarkan kebaikan yang terkandung dalam kopi justru merusak kesehatan si kecil.

Baca Juga:  Langkah Mudah dan Cermat Budidaya Tanaman Kopi
loading...
loading...