Bonnotte, Kentang Rasa Rumput Laut

Pertanianku — Kentang menjadi salah satu komoditas budidaya yang menjanjikan. Terlebih dengan tingginya angka konsumsi kentang di dunia. Pemuliaan kentang pun dilakukan untuk menghasilkan varietas unggul kentang yang disukai konsumen. Salah satunya adalah kentang Bonnotte yang memiliki cita rasa seperti rumput laut.

kentang Bonnotte
Foto: instagram chefchristophermillar

Kentang Bonnotte dijuluki sebagai kentang Bonnotte de Noirmoutier. Penamaan ini karena kentang yang satu ini hanya bisa tumbuh di daerah Ile de Noirmoutier, salah satu pesisir di wilayah Prancis.

Sulit dibudidayakan di daerah lain menyebabkan harga kentang Bonnotte ini pun melambung tinggi. Bahkan saking mahalnya, kentang Bonnotte diumpamakan sebagai kaviar atau telur ikan sturgeon di dunia kentang.

Loading...

Harga kentang Bonnotte berkisar lima dolar per setengah kilogram. Jika dirupiahkan, kurang lebih setengah kilogram kentang Bonnotte dihargai Rp70 ribu rupiah. Puncak harga tertinggi kentang Bonnotte terjadi pada 1996. Pada saat itu, harga kentang Bonnotte dibanderol sekitar Rp7 juta untuk setengah kilogram kentang.

Harga yang sangat tinggi ini cukup masuk akal. Pertama, persebarannya yang sangat minim di daerah tersebut. Alasan kedua adalah karena rasa dari kentang ini sangat lezat.

Kentang umumnya memiliki rasa tawar dan hambar. Penambahan bumbu diberikan saat mengolah kentang menjadi olahan. Garam, lada, dan rempah-rempah adalah bumbu-bumbu yang ditambahkan pada pembuatan olahan kentang.

Kentang Bonnotte memiliki cita rasa yang mirip dengan rumput laut. Rasa ini merupakan perpaduan rasa chesnut dengan kastanye. Rasa lezat inilah yang membuat konsumen menyukainya.

Salah satu penyebab kentang Bonnotte memiliki rasa yang unik adalah petani yang mencampurkan rumput laut ke tanah. Tujuan awalnya adalah untuk membuat tanah menjadi lebih gembur. Dengan begitu, kentang pun bisa tumbuh menjadi lebih baik.

Tanaman kentang Bonnotte juga hanya bisa dipanen satu kali dalam satu tahun. Oleh karena itu, kentang ini pun ketersediaannya sangat terbatas. Setelah panen, biasanya akan diselenggarakan festival kentang Bonnotte di Ile de Noirmoutier. Di festival ini, Anda bisa menjumpai kentang yang dimasak dengan ikan sarden panggang.

Kentang yang dipanen kemudian dijual ke wilayah Eropa dalam waktu yang terbatas, yakni sepuluh hari setelah masa panennya. Petani kentang Bonnotte umumnya memanen kentang dengan menggunakan tangan karena kentang jenis ini bertekstur rapuh dan harus dilakukan dengan hati-hati.

Loading...
Loading...