Boraras maculatus, Ikan Hias Air Tawar untuk Aquascape

Pertanianku — Sudah pernah mendengar tentang ikan Boraras maculatus? Boraras maculatus adalah ikan hias air tawar yang bisa didapat di Singapura, Malaysia, dan Indonesia. Ikan ini sangat direkomendasikan sebagai ikan hias aquascape.

ikan boraras maculantus
Foto: Shutterstock

Di Indonesia, ikan ini berasal dari Kepulauan Sumatera. Habitat asli ikan ini berada di rawa-rawa atau sungai sungai kecil yang memiliki kedalaman menengah hingga dangkal. Ikan ini biasanya hidup secara bergerombol dan bersembunyi di bawah tanaman yang mengambang dengan cahaya yang agak gelap.

Boraras maculatus bisa kita pelihara di dalam akuarium atau aquascape dengan ukuran kecil 40 cm × 30 cm × 30 cm sebanyak 8 sampai 10 ekor, itu karena ukuran ikan ini yang cukup kecil. Anda bisa menambahkan tanaman yang mengambang sebagai tempat bermain ikan ini.

Loading...

Ukuran pH air untuk memelihara ikan ini berkisar antara 6—6,5 dan temperatur air berkisar 22—26° C. Untuk pakannya, karena ikan ini memiliki tubuh kecil, bisa kita beri pakan cacing beku, atau pelet dengan ukuran kecil.

Bila tidak ada pelet ukuran kecil, Anda bisa memberi makan pelet ukuran biasa yang dihaluskan terlebih dahulu sehingga ukuran pelet menjadi kecil dan mudah untuk dimakan ikan.

Ikan Boraras maculatus bisa dikatakan ikan yang cukup populer sebagai ikan hias air tawar untuk aquascape. Anda bisa menaruhnya secara berkelompok, itu karena akan menjadikan aquascape menjadi lebih hidup lagi.

Baca Juga:  Sistem Filter yang Bisa untuk Akuarium Arwana
Loading...
Loading...