Borok Ikan Lele, Penyakit yang Ditakuti Pembudidaya

Pertanianku — Penyakit borok ikan lele menjadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh pembudidaya. Penyakit ini sudah bisa menyerang benih lele berukuran 7—8 cm hingga lele yang sudah siap konsumsi.

borok ikan lele
foto: Pertanianku

Penyakit borok ikan lele disebabkan oleh bakteri Aeromonas hidrophylla dan parasit Trichodina sp. Penyakit ini paling sering terjadi karena kondisi air di dalam kolam terlalu kotor dan bau. Oleh karena itu, salah satu tindakan pencegahan penyakit ini ialah penggantian air yang dilakukan secara rutin.

Ikan yang terserang penyakit akan terlihat bagian mulut dan ekor benih berubah warna menjadi merah dan adanya kematian massal di bagian permukaan air. Kondisi ini sering muncul pada musim kemarau dan disebabkan oleh air kolam berwarna hijau terlalu pekat.

Gejala lain yang menandai penyakit ini ialah perut ikan yang terlihat menggembung, bagian pangkal sirip membengkak, dan terlihat luka pada tubuh ikan.

Bakteri penyebab penyakit berkembang biak di kolam karena adanya pakan sisa yang membusuk di bagian dasar kolam.

Ikan lele yang sudah terserang penyakit dapat disembuhkan dengan menggunakan antibiotik Terramycine dengan dosis 50 mg per kg ikan per hari. Antibiotik tersebut diberikan selama 7—10 hari berturut-turut. Ikan juga dapat diobati dengan pupuk higienis. Berikut ini cara menyembuhkan ikan lele yang sudah telanjur terserang penyakit borok.

  1. Siapkan kolam yang sudah dibersihkan dan dikeringkan selama 1—2 hari. Sebaiknya, kolam yang digunakan adalah kolam terpal atau tembok.
  2. Kolam tersebut diisi air setinggi antara 30—40 cm. Sebaiknya, air yang digunakan berasal dari sumur atau sumber air bersih lainnya.
  3. Tebarkan ikan yang terserang penyakit borok ke dalam kolam tersebut. Penebaran ini sebaiknya dilakukan pada sore atau malam hari agar pupuk higienis bisa meresap ke dalam tubuh ikan selama semalaman.
  4. Siapkan pupuk higienis yang sudah disaring, lalu masukkan ke botol bekas air minum yang tutupnya sudah diberi lubang. Pupuk higienis harus difermentasi selama 12 jam.
  5. Biarkan selama 5—7 hari. Biasanya penyakit ini mulai sembuh pada hari keempat dan sembuh total pada hari keenam.
Baca Juga:  Sortasi Benih Lele Tepat Waktu, Bagian dari Kunci Keberhasilan