Bougenville, Bunga Hias dengan Segudang Manfaat untuk Kesehatan


Pertanianku Bougenville adalah salah satu jenis tanaman yang paling sering digunakan sebagai penghias jalan. Bunga ini pertama kali ditemukan di Filipina dan kemudian dikembangkan di beberapa negara Asia dan Amerika.

Bougenville
Foto: Pixabay

Sudah sejak lama bunga bougenville banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Pertama kali dikembangkan oleh Filipina kemudian menyebar ke beberapa negara di Eropa, Amerika, dan Asia. Hal ini sering dikaitkan dengan senyawa yang ditemukan pada semua bagian bunga bougenville.

Beberapa jenis senyawa tersebut antara lain tanin, pinitol, alkaloid, betasianin, flavonoid, asam oksalat (bagian daun), senyawa fenolik, glikosida, antrakuinon, terpenoid, saponin, steroid, minyak esensial, lemak, protein. Berikut ini beberapa manfaat bunga bougenville yang baik untuk kesehatan.

  1. Mengobati resistensi insulin

Gangguan resistensi insulin akan menyebabkan diabetes. Tubuh tidak bisa membuat cadangan insulin sehingga kadar gula dalam darah akan terus menumpuk. Pada skala tertentu akan menyebabkan diabetes. Kandungan senyawa pinitol dalam bunga bougenville dipercaya bisa mengatasi masalah resistensi insulin. Caranya, yaitu dengan konsumsi bunga bougenville yang sudah dikeringkan dan dijadikan teh.

  1. Menjaga keseimbangan kolesterol

Jumlah kolesterol HDL dan LDL dalam tubuh sangat tergantung dari jenis makanan yang dikonsumsi. Jika terlalu banyak kolesterol jahat, maka bisa menyebabkan masalah dan meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi, diabetes, serangan jantung, dan stroke.

Konsumsi teh dari bunga bougenville telah dilakukan sejak zaman dahulu di Meksiko. Ekstrak dari daun bougenville mampu menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah.

  1. Mengobati batuk

Batuk disebabkan oleh adanya reaksi khusus pada saluran pernapasan. Batuk biasanya banyak menyertai gejala flu dan kelelahan. Anda bisa memakai bunga bougenville terutama bagian kulit batangnya.

Caranya, ambil beberapa kulit pohon yang sudah kering. Haluskan hingga menjadi bubuk. Jadi, Anda harus mengambil kulit yang benar-benar sudah kering. Setelah itu, campur bubuk kulit dalam satu gelas air matang. Gunakan air untuk berkumur dan tenggorokan akan menjadi lebih lega.

  1. Mengatasi masalah pencernaan
Baca Juga:  Bunga Euphorbia, Apotik Hidup yang Manfaatnya Luar Biasa

Gangguan pencernaan seperti asam lambung, diare, dan perut kembung bisa diobati dengan rebusan daun bougenville. Daun bougenville dipercaya memiliki senyawa anti-inflamasi dan memberi efek yang menenangkan untuk usus.

Caranya, ambil beberapa helai daun bougenville. Rebus dengan 3 gelas air, biarkan mendidih dan tertinggal setengah gelas saja. Minum dengan campuran madu untuk menyembuhkan gangguan pencernaan.

  1. Membunuh bakteri

Makanan, kontaminasi air dan berbagai sumber lain bisa menyebabkan bakteri menjadi sumber penyakit dalam tubuh. Untuk mengatasi hal ini, esktrak daun bougenville sangat ampuh dalam melawan perkembangan bakteri jahat seperti S. typhi, Micrococcus luteus, Escheria Colli, P vulgaris, S flexneri dan sumber bakteri lain. Karena itulah ekstrak daun bougenville bisa menyembuhkan diare dan masalah pencernaan lainnya.

loading...
loading...