Brokoli Bisa Sehatkan Usus Bahkan Cegah Kanker


Pertanianku — Apa Anda punya masalah usus seperti pencernaan atau radang usus besar? Jika ya, mulailah konsumsi brokoli setiap hari.

brokoli
Pixabay

Pasalnya, mengonsumsi tiga setengah cangkir sayuran berserat kaya nutrisi seperti brokoli ini secara rutin bisa bermanfaat untuk kesehatan usus.

Dilansir dari Indian Express, penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Fungsional Foods menyebutkan bahwa sayuran yang mengandung cruciferous memiliki senyawa kimia organik. Senyawa tersebut berfungsi memelihara flora usus tetap sehat dan menjaga kekebalan tubuh.

Sebagai informasi, sayuran yang mengandung cruciferous misalnya brokoli, brussels sprouts, dan kubis.

Fungsi penghalang usus yang baik dari saluran gastrointestinal juga membantu melindungi usus dari racun dan mikroorganisme berbahaya. Selain itu, sekaligus bisa membiarkan nutrisi masuk ke dalam sistem.

“Ada banyak alasan mengapa kita ingin mengeksplorasi kesehatan gastrointestinal dan satu alasan adalah jika Anda memiliki masalah, seperti usus yang bocor, yang kemudian dapat menyebabkan kondisi lain, seperti radang sendi dan penyakit jantung,” kata Gary Perdew, Profesor di Pennsylvania State University di AS.

Untuk keperluan penelitian tersebut, para peneliti melakukan tes pada tikus. Diet tambahan brokoli pada tikus lebih mampu menoleransi masalah pencernaan yang serupa dengan gejala radang usus besar atau colitis.

Fakta lain dari manfaat brokoli itu sendiri, yaitu dapat membantu mencegah penyakit kanker dan penyakit crohn (penyakit radang usus kronis). Bahkan, sebelumnya penelitian telah mengatakan bahwa brokoli juga dapat membantu mengatur diabetes dan mengurangi risiko kanker prostat.

Baca Juga:  Pemilik Anjing Punya Risiko Kematian Lebih Rendah, Ini Buktinya!
loading...
loading...