Buah-buahan Ini baik untuk Jaga Kesehatan Jantung Anda


Pertanianku — Jantung merupakan salah satu organ vital yang perannya sangat penting bagi manusia. Selain memompa darah ke seluruh tubuh, jantung juga memiliki fungsi untuk membuang limbah sisa metabolisme dalam tubuh. Jika kesehatan jantung tidak Anda perhatikan, kesehatan organ tubuh lainnya pasti akan terganggu.

kesehatan jantung
Foto: Pixabay

Untuk itu, agar jantung tetap sehat, kita dapat memulainya dengan mengonsumsi buah-buahan berikut ini.

  1. Semangka

Semangka merupakan buah yang rendah kalori, kaya serat, dan sumber anti-oksidan yang bagus. Menurut Dr. Sarah Samaan, ahli jantung dari Legacy Heart Center di Dallas-Fort Worth Metroplex, semangka merupakan sumber likopen luar biasa untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Sarah mengatakan, semangka juga menyediakan citrulline yang dapat memperbaiki kesehatan pembuluh darah kita dan bahkan mungkin memiliki manfaat bagi penderita disfungsi ereksi dan diabetes. Semangka juga merupakan sumber vitamin C dan A, serta kalium dan magnesium.

  1. Tomat

Kandungan vitamin C dalam tomat bekerja sebagai anti-oksidan dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, tomat juga kaya akan likopen. Tomat bisa dikonsumsi segar ataupun diolah dalam masakan.

  1. Alpukat

Alpukat dipenuhi dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan merupakan sumber potassium. Kandungan mineral dalam buah alpukat juga dikenal untuk mengendalikan tekanan darah.

Alpukat juga merupakan sumber vitamin C, serat, dan karotenoid. Kandungan karotenoidnya dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung. Selain itu, buah yang berdaging lunak ini juga telah terbukti membantu tubuh menyerap anti-oksidan lainnya saat dimakan dengan sayuran seperti bayam dan wortel.

  1. Beri

Dipenuhi dengan anti-oksidan, beri adalah buah yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Beri meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat sekaligus menurunkan tekanan darah.

Baca Juga:  Jamur Kombucha, Rahasia Diet Detoks Alami Anti-obesitas

Selain itu, buah ini rendah kalori dan bebas lemak serta mengandung nutrisi yang mendorong pertumbuhan tulang dan konversi lemak menjadi energi. Buah ini juga memiliki polifenol yang telah terbukti dapat meningkatkan kadar oksida nitrat, molekul yang menyebabkan pembuluh darah rileks.

  1. Melon jingga

Melon jingga atau cantaloupe yang banyak mengandung vitamin C ini cukup mudah ditemukan karena tersedia sepanjang tahun. Menurut ahli diet terdaftar Keri Glassman, penelitian telah menunjukkan hubungan antara peningkatan konsumsi vitamin C dan penurunan risiko penyakit jantung koroner.

Vitamin C adalah anti-oksidan yang bekerja untuk melawan sel yang rusak sekaligus melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas. Melon manis ini juga dipenuhi dengan vitamin A, B, K, kalium, folat, magnesium, dan serat.