Buah-buahan untuk Menyehatkan dan Mencerahkan Kulit

Pertanianku — Kulit yang sehat dan cerah menjadi dambaan setiap orang karena kulit menjadi bagian yang paling terlihat. Mencerahkan kulit umumnya dilakukan dengan menggunakan rangkaian perawatan kulit (skincare). Apalagi, saat ini merek skincare sudah cukup banyak bertebaran di pasaran. Ada yang berasal dari lokal ataupun luar negeri dengan harga jual bervariatif.

mencerahkan kulit
foto: Pixabay

Namun, tahukah Anda, mempercantik kulit secara sederhana bisa Anda lakukan di rumah dengan menggunakan perawatan dan mengonsumsi buah ataupun sayuran. Selain bisa menyehatkan kulit, buah-buahan tersebut juga bisa memberikan efek positif bagi tubuh karena mengandung nutrisi.

Ada baiknya Anda mencoba bahan-bahan alami terlebih dahulu untuk menjaga kesehatan kulit dengan buah-buahan. Jenis buah yang Anda butuhkan tidak begitu sulit didapatkan, seperti jeruk, pepaya, dan stroberi. Melansir dari boldsky, berikut ini beberapa buah yang dapat membantu Anda mencerahkan kulit.

Jeruk

Jeruk meruapakan salah satu buah terbaik yang dapat membuat kulit menjadi cerah. Dengan kandungan vitamin C tinggi, jeruk juga bisa membantu memudarkan bekas luka yang kehitaman dan meningkatkan elastisitas kulit.

Stroberi

Stroberi merupakan salah satu sumber vitamin C, flavonoid, dan asam elagic. Kandungan ini mampu mencegah penuaan kulit dan melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya.

Lemon

Lemon terkenal dengan khasiat pencerah alami. Dalam buah ini terkandung asam sitrat yang juga membantu menghilangkan noda hitam di permukaan kulit.

Tomat

Tomat mengandung lycopene, antioksidan kuat yang melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV) berbahaya. Kandungan ini meningkatkan produksi kolagen, meremajakan kulit, mengurangi bekas jerawat, serta membuat kulit lebih cerah dan bercahaya.

Pepaya

Pepaya mengandung pencerah alami yang bermanfaat jika diaplikasikan ke kulit. Kandungan alami ini, di antaranya senyawa pemutih asam alpha-hydroxy, yang juga mampu mengurangi pigmentasi seperti bintik hitam dan menjaga keseimbangan pH.

Baca Juga:  Jus Buah yang Bagus untuk Penderita Kolesterol