Buah-buahan yang Bagus untuk Penderita Diabetes Melitus

Pertanianku — Ada beberapa jenis buah yang dapat meringankan penyakit diabetes mellitus atau minimal mengurangi risiko terjadinya komplikasi penyakit ini. Berikut ini beberapa jenis buah serta resep pengolahannya yang bermanfaat untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes mellitus.

diabetes melitus
foto: Pertanianku

Avokad

Gunakan satu buah avokad yang sudah matang, lalu belah dan ambil bijinya. Cuci biji alpukat, kemudian potong tipis-tipis. Selanjutnya, biji dijemur hingga kering. Biji yang sudah kering dimasukkan ke air dan tambahkan air hingga seluruh biji terendam. Rebus hingga airnya mendidih dan matikan api setelah airnya tersisa setengah. Setelah dingin, saring air rebusan. Ramuan ini dapat Anda minum dua kali sehari, masing-masing setengah bagian.

Proses pembuatan ramuan dapat lebih cepat bila biji dikeringkan dengan menggunakan oven. Biji yang sudah kering bisa Anda parut, kemudian direbus atau diseduh dengan air panas.

Biji avokad berkhasiat hipoglikemik (menurunkan kadar glukosa darah) sehingga bermanfaat untuk penderita diabetes. Selain itu, biji berkhasiat astringen, penghilang nyeri, dan antiradang.

Jambu biji

Pilih buah jambu biji yang masih mengkal sebanyak satu buah. Cuci buah tersebut dan potong-potong seperlunya. Rebus dengan tiga gelas air hingga air rebusan tersisa satu gelas. Diamkan air rebusan hingga dingin, kemudian saring dan minum. Ramuan dapat diminum dua kali sehari.

Kandungan beta karoten dan vitamin C yang tinggi di dalam jambu biji dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga berkhasiat sebagai hipoglikemik dan antioksidan.

Buah jambu biji yang menjelang matang mengandung vitamin C yang lebih tinggi 3—6 kali lipat dari jus jeruk segar. Jambu biji juga kaya akan serat yang larut dalam air, terutama pada bagian kulitnya sehingga dapat mengganggu penyerapan glukosa dan lemak yang berasal dari makanan dan membuangnya melalui tinja.

Baca Juga:  Ramuan Herbal untuk Kencing Berdarah

Biji rambutan

Gunakan lima biji rambutan, kemudian buka kulitnya. Keluarkan buahnya dan ambil bijinya. Jemur biji tersebut hingga kering dan kuning, lalu giling hingga halus menjadi bubuk. Setelah itu, masukkan ke cangkir dan seduh dengan air panas secukupnya. Setelah air seduhan dingin, minum airnya sekaligus dan buang ampasnya. Minum ramuan sebanyak 1—2 kali sehari setengah jam sebelum makan.

Biji rambutan mengandung lemak dan polifenol. Kandungan tersebut berkhasiat untuk menurunkan kadar glukosa darah (hipoglikemik).