Buah-buahan yang Bisa Diolah Menjadi Produk Bernilai Ekonomi

Pertanianku — Saat ini produk olahan buah menjadi salah satu peluang bisnis yang cukup menarik. Pasalnya, rasa camilan dari buah-buahan terbilang unik. Biasanya, produk olahan buah bisa Anda jumpai di sentra oleh-oleh di tiap daerah. Namun, sebenarnya peluang usaha produk olahan buah tidak hanya sebagai oleh-oleh. Berikut ini beberapa jenis buah yang berpotensial untuk diolah menjadi produk makanan bernilai ekonomi.

produk olahan buah
foto: Pertanianku

Apel

Olahan buah apel sudah cukup mudah ditemui di mana-mana. Biasanya, apel sering diolah menjadi sari buah, apel, keripik, selai, dodol, dan manisan. Olahan buah apel cukup mudah dijumpai di sentra penghasil apel seperti Malang.

Belimbing

Pengolahan buah belimbing perlu dilakukan secara hati-hati karena kulit buah ini tipis dan menyatu dengan daging buah. Perlakuan yang kurang hati-hati bisa menyebabkan luka pada kulit. Luka tersebut bisa menjadi cikal bakal serangan mikroba yang membuat buah menjadi busuk.

Belimbing manis biasanya diolah menjadi sari buah, manisan, sirup buah, keripik, selai, dan jeli. Untuk menghasilkan olahan buah yang berkualitas didapatkan dari buah dengan tingkat kematangan yang optimum atau tua. Belimbing yang sudah tua rasanya manis, segar, dan tidak sepat.

Buah naga

Selain dikonsumsi dalam keadaan segar, buah naga juga bisa diolah menjadi berbagai olahan makanan. Bagian daging buah naga bisa diolah menjadi sari buah, selai, jeli, buah dalam sirup, dan sirup buah. Sementara itu, bagian kulit buah bisa diolah menjadi manisan, dodol, dan selai.

Mangga

Buah mangga komersil yang bisa diolah menjadi berbagai jenis produk makanan adalah arumanis, mangga gedong, mangga golek, dan mangga cengkir. Buah mangga yang sudah masak bisa diolah menjadi dodol buah, selai, sirup, sari buah, dan gum drop. Sementara itu, buah yang masih mentah atau mengkal bisa diolah menjadi manisan basah, keripik, manisan kering, dan asinan.

Baca Juga:  Peran Penting Pohon Pelindung bagi Tanaman Cokelat

Buah manggis

Bagian daging dan kulit buah manggis yang terkenal berkhasiat dapat diolah menjadi berbagai produk makanan. Daging buah dapat diolah menjadi sari buah, buah dalam sirup, selai, dodol, dan jeli. Sementara itu, bagian kulit buah dapat diolah menjadi bahan pewarna xanthone.