Buah dan Sayuran Ini Bisa Disimpan Hingga Berbulan-bulan

Pertanianku – Ketika berbelanja bahan makanan sepert buah dan sayur, kebanyakan orang pasti membeli dalam keadaan yang melebihi seharusnya. Hal ini dilakukan untuk persiapan cadangan makanan setiap bulannya. Kondisi tersebut akhirnya membuat Anda menjadi khawatir dengan kesegaran buah dan sayuran tersebut.

Buah dan sayuran yang disimpan tersebut memiliki usia yang cukup panjang sehingga masih layak untuk dikonsumsi. Itu sebabnya, Anda jangan merasa khawatir. Karena sebetulnya, banyak kok jenis sayur-sayuran dan buah-buahan yang tahan lama karena memiliki batas usia.

Yuk, kita cari tahu buah dan sayuran apa saja yang akan bertahan dalam jangka panjang:

1. Apel

Foto: Daily Mail

 

Apel merupakan salah satu buah berusia cukup panjang karena awet sehingga tidak cepat busuk. Walau tidak dikonsumsi, asal disimpan di dalam lemari pendingin maka apel yang segar akan bisa bertahan hingga dua bulan. Bahkan, hanya diletakkan di dapur dengan suhu ruangan normal, apel bisa bertahan selama satu bulan.

2. Buah-buah citrus

Buah-buahan citrus yang memiliki cita rasa asam seperti jeruk dan lemon, pada dasarnya memiliki usia sekitar beberapa minggu. Namun, jika dimasukkan ke kulkas, buah-buahan jenis ini akan bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Agar semakin awet, simpanlah buah-buahan ini langsung di dalam lemari pending di dalam kulkas. Tidak perlu dimasukkan lagi ke wadah kontainer atau plastic. Sebab, cara ini malah akan membuat bakteri lebih cepat tumbuh sehingga buah menjadi lebih cepat busuk.

3. Selada

Sayuran berwarna kombinasi hijau dan putih ini akan sangat awet dan bertahan lama jika disimpan dengan cara yang tepat, yakni tidak dicuci sampai ketika benar-benar hendak digunakan. Cobalah untuk menyimpan selada di dalam lemari hydrator. Dengan dua metode tersebut, selada Anda bahkan bisa awet sampai dua bulan.

Baca Juga:  Ternyata Ini Manfaat Alpukat untuk Lansia

4. Kentang

Kentang memiliki batas usia setidaknya dua sampai lima minggu jika diletakkan di ruangan bersuhu normal seperti dapur. Jika diletakkan di kulkas, kentang bisa awet hingga empat bulan. Jika sudah dipotong-potong, simpan kentang di dalam wadah kontainer agar tidak cepat busuk.

5. Bawang putih

Bawang putih disebutkan sebagai salah satu jenis sayuran yang memiliki usia paling panjang. Bawang putih pada dasarnya bisa bertahan hingga enam bulan alias setengah tahun lamanya. Bahkan, ketika dipisahkan dari kepala batangnya atau siungnya, bawang putih bisa bertahan sampai satu hingga dua bulan. Simpanlah bawang putih di tempat yang gelap dan kering tetapi tetap ada sirkulasi udara yang masuk. Jika sudah diiris-iris, simpan bawang putih di wadah kontainer di dalam kulkas.

6. Bawang bombay

Tidak berbeda dengan bawang putih, bawang bombay juga punya usia yang panjang. Hanya ditempatkan di ruangan bersuhu normal, gelap, dan kering saja, bawang bombay bisa awet hingga lebih dari sebulan bahkan hingga enam minggu. Jika disimpan di dalam lemari pendingin atau freezer, usia bawang bombay akan lebih panjang.

Bagaimana cukup mudah bukan?