Buah Dataran Rendah yang Mudah Ditanam

Pertanianku— Ketinggian dataran sangat memengaruhi pertumbuhan tanaman karena akan berhubungan dengan syarat tumbuh suatu tanaman. Buah dataran tinggi tidak akan berbuah dengan maksimal jika ditanam di dataran rendah. Begitu pun sebaliknya, buah dataran rendah tidak bisa tumbuh dengan maksimal di dataran tinggi.

buah dataran rendah
foto: pixabay

Tingkat menanam masing-masing jenis buah berbeda-beda. Ada yang cukup mudah untuk dipelihara sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja. Ada juga pohon yang cukup sulit untuk ditumbuhkan karena memerlukan teknik perawatan khusus. Berikut ini beberapa jenis buah dataran rendah yang bisa ditanam dengan mudah.

Nangka mini

Loading...

Nangka mini merupakan salah satu buah tabulampot yang sering dipilih oleh para hobiis. Jika ditanam di tanah, pohon nangka dapat tumbuh hingga 25 meter. Sementara, tanaman yang ditanam di dalam pot tingginya relatif lebih pendek. Tanaman ini memerlukan tingkat kelembapan yang cukup tinggi untuk mengurangi penguapan, tetapi tetap membutuhkan sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu, tanaman ini sangat cocok ditanam di dataran rendah beriklim tropis basah.

Jenis unggulan dari nangka mini yang sering digunakan adalah nangka kandel, nangka kunir, dan nangkadak. Kelebihan dari nangka mini adalah kandungan getahnya yang sedikit sehingga tidak merepotkan Anda ketika ingin menyantapnya.

Melon

Buah ini berasal dari lembah panas di Persia atau darah Mediterania. Bentuknya sangat mirip dengan semangka dan tumbuhnya pun merambat. Pohonnya yang merambat bisa Anda bentuk sesuai dengan keinginan sehingga sangat cocok dijadikan buah tabulampot. Buah yang dihasilkan memiliki rasa yang sangat manis dengan kandungan air yang banyak. Oleh karena itu, sangat cocok dikonsumsi di daerah Indonesia yang cukup panas sebagai pelepas dahaga.

Baca Juga:  Cara Menghasilkan Bibit Melon yang Berkualitas

Jenis unggulan yang sering digunakan adalah sky rocket, honey dew, dan apollo. Varietas tersebut dapat dipanen lebih cepat, hanya 65—85 hari setelah tanam.

Lengkeng

Pada mulanya tanaman ini cukup sulit untuk ditanam, apalagi ditumbuhkan di dalam pot. Namun, semakin berkembangnya ilmu pengetahuan justru membuat tanaman ini semakin mudah untuk dibudidayakan. Bahkan, buah yang tumbuh bisa berbuah sangat lebat. Tanaman ini tidak bisa ditanam pada daerah yang memiliki tingkat kelembapan tinggi. Jika dibiarkan secara berkepanjangan, tanaman bisa membusuk dan akhirnya mati.

Varietas unggulan yang sering digunakan adalah itoh, pingpong, gading, aroma durian, dan diamond river.

 

Loading...
Loading...