Buah Ini Termasuk Suku Mawar-mawaran

Pertanianku — Tidak hanya mawar sang tanaman hias, ternyata tanaman penghasil buah ini juga termasuk dalam suku mawar-mawaran. Sebagai keluarga yang besar, Rosaceae memiliki anggota yang berksiar 3.000—4.000 jenis spesies yang berbeda. Terbentuk dari lebih 100 marga, ternyata tanaman terkenal ini merupakan saudara tanaman mawar.

Apel

suku mawar-mawaran
Foto: pixabay

Siapa yang tidak kenal dengan buah yang satu ini? Di Indonesia, bahkan ada jenis apel yang tak kalah populer ketimbang jenis apel lain di dunia, yakni apel malang. Buah apel dikenal sebagai sumber serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis asam membuat buah apel banyak diburu untuk buah meja.

Loading...

Pir

suku mawar-mawaran
Foto: pixabay

Berkerabat dengan buah apel, buah pir sering dijejerkan termasuk dalam penyajiannya. Buah pir juga banyak diburu karena teksturnya yang unik dan rasanya yang manis dan segar. Pemanfaatan buah pir tidak jauh berbeda dari apel. Mulai dari dikonsumsi langsung sebagai buah meja ataupun diolah menjadi campuran sup buah, hingga dijadikan keripik.

Arbei

suku mawar-mawaran

Masih merupakan keluarga dari suku mawar-mawaran, arbei dikenal juga dengan nama stroberi kebun. Nama arbei sendiri terkenal di Indonesia karena dalam bahasa Belanda, buah yang satu ini dijuluki aardbei. Merupakan varietas stroberi paling banyak dikonsumsi di Indonesia, buah arbei sebenarnya bukan daging buah yang diperoleh dari pembuahan. Buah arbei berasal dari ovari tanaman yang berbentuk mangkok.

Prem

suku mawar-mawaran

Memiliki kulit yang berbedak, prem merupakan bagian dari genus Prunnus. Di Indonesia, nama lain dari buah prem adalah buah plum. Pamor buah yang satu ini sedang naik karena dipercaya bisa membantu mengurangi banyak penyakit. Khasiatnya juga dimanfaatkan untuk merontokkan lemak tubuh dan membantu proses diet.

Baca Juga:  Resep Ramuan Mengkudu yang Sangat Berkhasiat untuk Kesehatan

Persik

suku mawar-mawaran

Buah yang satu ini masih berkerabat dengan buah prem alias plum. Ciri utamanya adalah daging buah yang berwarna kuning. Aroma yang tercium pun harum. Jika dibuka, Anda akan menemukan biji buah persik yang hanya satu biji di bagian tengahnya. Persik sendiri berasal dari Jepang dan disebut dalam bahasa lokal sebagai momo.

Ceri

 

suku mawar-mawaran
Foto: pixabay

Di Jepang, bunga ceri disebut sakura dan merupakan bunga yang sangat disukai. Sementara, di Australia, ceri biasanya menandakan waktu Natal. Buah ceri dikenal kaya akan manfaat, antara lain mengandung anti-oksidan antosianin berbentuk pigmen warna. Buah ceri yang berwarna merah mentereng ini banyak digunakan sebagai hiasan dalam hidangan makanan atau minuman.

Loading...
Loading...