Buah Jambu Mawar, si Jambu Wangi

Pertanianku — Buah jambu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Beragam jenis jambu banyak terdapat di negara ini. Mulai dari jambu air sampai jambu biji. Tak terkecuali dengan buah jambu mawar, si jambu wangi.

buah jambu mawar
foto: instagram cikayurahman

Jambu mawar dikenal juga dengan sebutan jambu keraton. Ia juga dikenal dengan nama lain seperti jambe iye mawar di Aceh, kalampok aeng mawar di Medan, klampok arum di Jawa, dan nyambu wrmawa di Bali.

Persebaran jambu mawar di Indonesia sendiri cukup luas. Di Sulawesi utara ia punya beberapa nama seperti kembes mawar, kembes walanda, dan kumpasa im beranda. Sementara, di Maluku buah ini disebut sebagai jambu jane mawara sampai kupo mawar.

Loading...

Tak hanya di Indonesia, persebaran jambu mawar di Asia Tenggara juga meliputi ke negara tetangga. Thailand, Kamboja, dan Filipina merupakan beberapa negara yang juga mengenal tanaman dengan nama Latin Syzygium jambos ini.

Pohon jambu mawar terkenal bisa tumbuh di berbagai tipe tanah. Ia bisa tumbuh mulai dari daerah tepi pantai hingga ditemukan pada ketinggian 1.200 mdpl. Tanaman ini menyukai iklim basah, tapi juga bisa tumbuh pada wilayah yang lebih kering.

Pohon jambu mawar merupakan pohon kecil atau perdu. Tingginya bisa mencapai 10 meter dan sering bercabang rendah. Tajuk pohon jambu mawar juga memencar lepar.

Daun jambu mawar merupakan daun tunggal yang terletak berhadapan. Bentuknya lanset dengan ujung runcing. Warna daun hijau tua berkilap di bagian atasnya.

Bunga jambu mawar terdapat dalam karangan bunga yang pendek dan terdapat di ujung ranting atau ketiak daun. Bunganya sendiri termasuk besar dengan lebar 5—10 cm. Warna bunga putih kehijauan. Benang sarinya banyak dan cepat gugur.

Baca Juga:  Durian Kromo Asal Banyumas Akan Dibudidayakan di Kalimantan Tengah

Bila sudah berbuah, buah jambu mawar akan tampak seperti bulat telur. Diameter buah ini mencapai 2,5—5 cm. Ia memiliki mahkota daun kelopak dan tangkai putik tidak rontok. Warna buah ini kuning keputihan, kehijauan, atau kemerahan sampai merah.

Bagian daging buah jambu mawar cenderung tidak terlalu berair dan agak kering. Yang membuat buah ini istimewa adalah baunya. Buah jambu mawar memiliki bau yang mirip bunga mawar. Warnanya sendiri kuning atau merah jambu.

Jika Anda mencoba buah ini, Anda akan merasakan perpaduan rasa manis dan sedikit sepat. Buah ini meninggalkan rasa getir sesudah dimakan. Di bagian dalamnya, Anda bisa menemukan biji berwarna kecokelatan. Jumlah bijinya bervariasi, mulai dari satu hingga empat biji per buah.

Loading...
Loading...