Buah Kesemek Ampuh Sembuhkan Kanker, Kok Bisa?


Pertanianku – Buah kesemek ternyata juga tersebar ke beberapa belahan dunia. Buah ini dikenal dengan nama Oriental persimmon.

Meskipun buah kesemek juga ditemukan di banyak negara, ternyata tetap memiliki manfaat yang sama. Terlebih lagi, kandungan serat dan juga senyawa organiknya yang cukup tinggi menjadikan buah ini wajib dikonsumsi.

Foto: pixabay

Di Indonesia sendiri kehadirannya kini telah langka, karena tak banyak masyarakat menyukainya.

Padahal, menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah kesemek memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan kesehatan mata, mengurangi tanda-tanda penuaan, mencegah berbagai jenis kanker, menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, meningkatkan metabolisme, memperkuat tulang, meningkatkan fungsi kognitif, menurunkan tekanan darah, dan mempercantik kulit.

Selain itu, buah kesemek juga dapat membantu menurunkan berat badan, mengurangi peradangan dan meningkatkan sirkulasi darah.

Namun, yang wajib Anda ketahui adalah buah kesemek dapat dijadikan sebagai obat bagi penderita kanker. Buah kesemek mengandung zat agen antikanker yang dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas.

Radikal bebas adalah produk sampingan dari metabolisme sel yang dapat bermutasi dari sel-sel sehat menjadi sel kanker atau dapat menimbulkan kerusakan sistem organ.

Anti-oksidan dalam buah kesemek bertugas untuk menemukan radikal bebas dan menghilangkannya dari tubuh sehingga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan melindunginya terhadap berbagai macam penyakit kanker.

Kesemek mengandung vitamin C dan vitamin A yang cukup tinggi, serta senyawa fenolik seperti katekin dan gallocatechins, yang langsung terkait ke pencegahan berbagai jenis kanker.

Karena sifat anti-oksidan dan kandungan vitamin C yang cukup tinggi, buah kesemek juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah ini mengandung asam askorbat (vitamin C) yang cukup tinggi, dan dapat memenuhi sekitar 80% dari kebutuhan harian nutrisi ini.

Baca Juga:  Nutrisi Berlimpah dari Buah Pir Kurangi Risiko Kanker Usus

Vitamin C bermanfaat untuk merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan garis depan dari pertahanan tubuh terhadap mikroba, virus, dan infeksi jamur, serta benda asing atau zat beracun.

Banyaknya manfaat yang ada di dalam buah tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin dan mineral yang sangat tinggi, serta beberapa senyawa organik yang baik untuk kesehatan. Termasuk vitamin A, vitamin C, vitamin E dan vitamin B6, serta serat, mangan, tembaga, magnesium, kalium, dan fosfor.

Selain itu, juga mengandung senyawa organik yang mungkin merupakan bagian yang paling penting di antaranya, katekin, gallocatechins, asam betulinic, dan berbagai senyawa karotenoid dari vitamin B kompleks.

loading...
loading...