Buah Kurma, Buah Favorit Bulan Ramadan

PertaniankuBuah kurma berasal dari pohon kurma. Nama Latinnya Phoenix dactylifera dan masih satu suku dengan pohon enau dan pinang. Buah kurma sendiri biasa dikonsumsi langsung, baik buah yang masih segar maupun yang sudah dikeringkan. Buah ini menjadi buah favorit bulan Ramadan.

Buah kurma
Foto: pixabay

Pohon kurma bisa tumbuh hingga 15—25 meter. Bentuk buah kurma umumnya silinder-lonjong. Panjang buah kurma segar yang sudah matang mencapai 3—7 cm. Diameter buah kurma 2—3 cm.

Ketika masih muda, kurma akan berwarna merah cerah hingga kuning terang. Warna ini bergantung pada varietas kurma yang dibudidayakan. Biji kurma tunggal dan ukuran panjangnya mencapai 2—2,5 cm.

Loading...

Buah kurma dikelompokkan menjadi beberapa jenis. Jenis pertama adalah kurma lunak. Kurma ini meliputi varietas barhi, halawi, khardawi, dan medjool. Jenis kedua adalah kurma semikering. Jenis ini meliputi kurma dayri, deglet noor, dan zahidi. Jenis kurma terakhir adalah kurma kering, contohnya thoory.

Penggolongan buah kurma ini didasarkan pada kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Jumlah ini sendiri berbeda-beda tiap varietas. Alhasil, rasa dan tingkat kemanisannya pun berbeda-beda.

Buah kurma terbentuk dari hasil pembuahan serbuk sari pada pohon kurma jantan dan betina. Penyerbukan ini bisa terjadi secara alami dengan bantuan angin. Hal ini biasanya terjadi pada perkebunan tradisonal yang terdapat di sekeliling oasis. Sementara, pada perkebunan modern, penyerbukan dilakukan secara manual.

Satu tanaman jantan bisa menyerbuki hingga seratus tanaman betina. Beberapa petani bahkan memilih tidak memelihara tanaman jantan dan memperoleh serbuk sari dari pasar lokal. Penyerbukan dilakukan oleh para pekerja dengan cara memanjat pohon menggunakan alat pemanjat khusus.

Kurma matang bisa digolongkan lagi menjadi empat golongan. Kimri atau kurma muda, khlai atau kurma berukuran penuh, rutab atau kurma yang matang dan lembut, dan tamr atau kurma yang matang dan sudah dikeringkan dengan bantuan sinar matahari.

Baca Juga:  Kenali Prospek Budidaya Melon

Ada sangat banyak kultivar kurma yang tersebar di penjuru dunia. Salah satu yang terkenal adalah kurma ajwa. Kurma ini dikenal sebagai kurma nabi karena merupakan kurma kesukaan Nabi Muhammad.

Kurma barhi juga dikenal karena merupakan jenis kurma yang bagus dan berwarna kekuningan. Sementara, kurma amir hajj yang berasal dari Irak, memiliki ciri kulit tipis dan daging yang tebal.

Ada lagi jenis kurma empress. Kurma ini dibudidayakan di California, Amerika Serikat. Bentuknya besar dan lebih lembut serta lebih manis daripada kurma thoory. Jenis kurma lain yang tak kalah populer adalah kurma khardawy dan khalasah.

Loading...
Loading...