Buah Lebat Belum Tentu Bagus, Jangan Lupa Lakukan Penjarangan Buah

Pertanianku — Pohon buah yang tumbuh dengan rindang dan lebat belum tentu bisa terus berbuah dengan tingkat produktivitas yang tinggi. Malahan, terkadang, tingkat produktivitas akan semakin menurun seiring berjalannya waktu dibandingkan pohon yang sering dilakukan penjarangan buah. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan penjarangan buah untuk mengatur produktivitas buah.

penjarangan buah
foto: Pertanianku

Memang tidak dipungkiri ketika mendapatkan hasil panen yang melimpah bisa membuat Anda menjadi bahagia, apalagi kalau pohon buah tersebut memang untuk usaha komersial. Namun, sayangnya kondisi tersebut tidak baik untuk keberlangsungan pohon di musim-musim berikutnya.

Buah yang tumbuh dengan lebat akan menguras seluruh cadangan makanan yang tersedia. Akibatnya, pada musim selanjutnya pohon akan kekurangan cadangan makanan sehingga tidak bisa berbuah. Atau, bahkan tumbuh merana dan mati karena kehabisan cadangan.

Hal tersebut disebabkan oleh ketersediaan unsur hara di dalam tanah atau jaringan tanaman sudah habis terkuras akibat pembuahan pertama. Untuk meminimalisir risiko unsur hara terkuras habis karena pembuahan yang terlalu lebat, Anda perlu melakukan penjarangan pohon buah.

Penjarangan berfungsi menjaga agar tanaman buah bisa tumbuh dengan teratur setiap musimnya, bukan hanya tumbuh sekali, lalu musim selanjutnya tidak bisa berbuah. Penjarangan juga berfungsi untuk meningkatkan mutu, ukuran, bobot, rasa, dan penampilan buah saat panen.

Terlalu banyak buah yang muncul akan menyebabkan kompetisi untuk mendapatkan unsur hara. Buah yang kalah dalam mendapatkan unsur hara tidak bisa tumbuh dengan optimal sehingga ukuran serta kualitasnya menjadi lebih rendah. Namun, buah tersebut tetap menyerap sebagian kecil unsur hara di dalam pohon.

Padahal, jika buah yang kalah tersebut dihilangkan, unsur hara yang seharusnya terserap oleh buah tersebut bisa mengalir ke buah yang lebih bagus dan besar. Dengan begitu, pertumbuhan buah yang sudah terpilih bisa berlangsung lebih baik.

Baca Juga:  Manfaat Buah dan Biji Nangka sebagai Obat Herbal

Penjarangan buah bisa dilakukan ketika bakal buah sudah muncul. Dengan begitu, Anda bisa melihat pertumbuhan bakal buah yang bagus dan tidak. Bakal buah yang sehat sebaiknya dibiarkan untuk tumbuh berkembang, dan bakal buah yang kurang baik dibuang.