Buah Musim Kemarau yang Paling Dicari


Pertanianku — Musim kemarau biasanya identik dengan panas karena sepanjang hari, matahari terbit dengan terik. Jika sudah begitu, kehadiran buah-buahan yang segar pasti menjadi pilihan melegakan untuk melepas dahaga. Oleh karena, itu akan sangat menguntungkan bagi Anda yang ingin coba membudidayakan buah musim kemarau berikut ini.

buah musim kemarau
Foto: Pixabay
  1. Semangka

Ketika panas terik berada di ujung kepala, siapa yang tidak tergoda atau tergiur melihat warna merah dan menariknya daging buah semangka, apalagi bila disajikan dalam keadaan dingin. Semangka menjadi buah dan makanan ringan yang dapat menyempurnakan hari.

Khasiat buah ini antara lain mengisi cairan tubuh yang hilang, membantu tetap dingin, terhindar dari dehindrasi, dan mengenyangkan perut. Manfaat lainnya, buah ini mengandung dosis yang sehat dari lycopene yang melindungi kulit terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan buah ini pun sumber terbaik dari vitamin A dan C.

  1. Stroberi

Stroberi hanya memiliki 49 kalori setiap cangkirnya. Tidak hanya menyajikan rasa yang luar biasa lezat, buah ini juga menyehatkan Anda. Untuk setiap potongan buah ini mengandung tiga gram serat dan satu gram protein.

Menjadi sumber terbaik untuk vitamin C, folat, kalium, dan zat besi. Kemudian, stoberi dapat membantu mempromosikan peningkatan aliran darah ke kulit, mengurangi kepekaan terhadap cahaya, dan memperbaiki struktur serta tekstur penampilan kulit.

  1. Nanas

Membayangkan tempat eksotik dan menikmati liburan tropis, buah nanas merupakan pilihan terbaik. Buah ini mengandung campuran terbaik dari vitamin dan anti-oksidan. Buah yang berwarna kuning ini juga mengandung enzim seperti bromelain yang bermanfaat melindungi tubuh dari peradangan dan membantu menyeimbangkan serta menjaga usus.

  1. Mangga

Sebagai salah satu buah tropis, mangga sangat laris manis dan dicari saat musim panas. Buah mangga sangat rendah kalori. Meski kandungan airnya sangat tinggi, mangga mengandung kalium, vitamin A, dan beta-karoten.

  1. Kiwi
Baca Juga:  Cara Mudah Menanam Ciplukan dalam Pot

Buah kiwi hijau dan kuning mengandung lebih banyak vitamin C dibanding jeruk. Selain itu, memiliki kandungan vitamin E, kalium, dan serat sekitar 40 kalori pada setiap satu buah kiwi.

  1. Persik

Persik sering disebuh buah peach atau plum yang memiliki hubungan cinta dan benci. Banyak orang kesulitan mendapatkan buah ini saat matang. Oleh karena itu, persik matang menjadi buah yang paling diburu. Buah ini banyak dijumpai dan panen besar saat musim panas. Mengandung vitamin A dan C, selain itu kalorinya juga sangat rendah.

  1. Anggur

Belum sempurna menikmati musim panas bila tidak bersantap buah yang satu ini. Sebagai makanan ringan, anggur sering jadi alternatif camilan. Buah ini mengandung fitonutrien tinggi. Kaya serat, kadar anti-oksidannya sangat bagus dan disarankan untuk kesehatan serta kecantikan kulit dan kaya vitamin A juga C.