Buah Naga Kuning, Varietas Unik Buah Naga

Pertanianku — Buah naga termasuk buah populer di Indonesia dan sangat mudah dijumpai di pasaran. Umumnya, buah naga berkulit merah. Ketika dibelah, akan tampak daging buah berwarna putih ataupun merah. Saat ini terdapat varietas unik buah naga, yakni buah naga kuning.

buah naga kuning
foto: unsplash

Andreas Budiman, pemilik kebun di Ciampea, Bogor, Jawa Barat telah berhasil menanam buah naga kuning di atas lahan seluas 2 hektare. Buah naga tersebut berukuran lebih kecil daripada buah naga berwarna merah. Namun, rasa buah naga yang unik ini terasa lebih manis.

Varietas terbaru ini pertama kali ditemukan oleh Andreas saat dirinya berada di Singapura 30 tahun lalu. Setelah mencoba buah naga ini, Andreas langsung terkesan dengan rasanya yang manis dan segar. Selanjutnya, Andreas berinisiatif memisahkan biji buah naga tersebut dan menjadikannya sebagai bibit.

“Tepatnya 30 tahun lalu saya antar ibu saya berobat ke Singapura. Di sana saya menemukan buah naga kuning jenis Palora Pitahaya asal Ekuador. Saya coba makan dan ternyata enak sekali. Langsung ingin coba membawa dan menanamnya di Indonesia,” papar Andreas seperti dikutip dari laman hortikultura.pertanian.go.id.

Andreas mulai melakukan uji coba penanaman buah naga kuning di Trawas dan Bogor hingga akhirnya berhasil dibuat menjadi bibit dan tumbuh subur pada Agustus 2019. Andreas berharap varietas buah naga kuning ini bisa mendapat perhatian dari Kementerian Pertanian.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, mengapresiasi petani yang terus berinovasi di bidang pertanian, khususnya pada komoditas hortikultura.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada petani yang berani mencoba membudidayakan buah yang masih tergolong langka ini. Untuk mendukung upaya serupa dari para petani, Ditjen Hortikultura juga telah memiliki program Kampung Hortikultura sehingga petani dapat lebih produktif dan berkontribusi dalam mengurangi kuota impor komoditas hortikultura,” papar Prihasto.

Baca Juga:  Jenis Kolam yang Bagus untuk Budidaya Ikan Gabus

Sampai saat ini buah naga kuning masih termasuk sebagai buah istimewa. Hal ini karena belum banyak buah naga berwarna unik ini beredar di pasaran. Selain itu, bentuk, ukuran, serta rasanya yang unik membuat buah ini menjadi lebih menonjol dibanding jenis-jenis buah naga lainnya.

Direktur Buah dan Florikultura, Liferdi Lukman menjelaskan, buah naga kuning mengandung antioksidan dan karoten yang cukup tingggi. Tak heran, buah ini banyak diminati oleh masyarakat.

 


loading...