Buah Parijoto Bisa Jadi Solusi Atasi Masalah Sulit Hamil

Pertanianku Buah parijoto mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Namun ternyata, buah berwarna cantik itu mempunyai banyak manfaat. Salah satunya untuk meningkatkan kesuburan wanita.

Buah pogarijoto
Foto: Google Image

Buah parijoto atau Medinilla Speciosa L. itu banyak ditemukan di area Gunung Muria, Kudus, Jawa Tengah. Tanaman ini termasuk dalam jenis tanaman semak yang memiliki tinggi 45—60 cm. Biasanya buah parijoto tumbuh secara alami di daerah Kalimantan, Jawa, dan Filipina.

Di Jawa, tanaman ini banyak dijumpai di antaranya di wilayah Gunung Muria (Jawa Tengah), Gunung Andong (Magelang), dan beberapa gunung lainnya. Buah ini sering disebut sebagai anggur asia lantaran bentuk dan warnanya menyerupai anggur tetapi lebih kecil.

Loading...

Melihat warnanya yang cantik, tidak heran jika buah ini sering dijadikan sebagai tanaman hias. Namun ternyata bila dikonsumsi, buah ini mengandung banyak manfaat untuk tubuh.

Konon katanya, banyak masyarakat Kudus yang percaya jika buah parjioto bisa meningkatkan kesuburan hormonal pada wanita hingga menjaga fisik bayi dalam kandungan. Selain itu,  menurut kepercayaan masyarakat sekitar, buah parijoto dapat membuat wajah anak lebih tampan atau cantik.

Buah parijoto juga mengandung anti-oksidan alami seperti tanin, flavonoid, dan saponin yang dapat menangkal radikal bebas masuk ke tubuh. Kandungan flavonoid bermanfaat untuk menghambat penyebaran tumor, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta menghambat aktivitas enzim yang merupakan pemicu terjadinya peradangan dan penyakit pada sistem imun.

Baca Juga:  Manfaat Makan Pisang Mentah untuk Kesehatan Tubuh
Loading...
Loading...