Buah Terkecil di Dunia Ternyata Bukan Kismis


Pertanianku — Apakah Anda berpikir bahwa kismis, blueberry, kersen, atau sejenisnya merupakan buah terkecil di dunia? Apa yang kita pikirkan selama ini ternyata kurang tepat. Buah terkecil di dunia ini ternyata Wolffia globosa atau yang lebih dikenal dengan nama the Asian watermeal.

Buah terkecil di dunia
Foo: Wikipedia

The Asian watermeal ini bukan hanya buah terkecil di dunia. Buah ini juga tumbuh dari tanaman berbunga terkecil di dunia sepanjang sejarah. Tanaman ini masuk dalam jenis duckweed atau tanaman berbunga kecil yang hidup di air.

Bagian terbesar dari tanaman ini hanya mencapai sekitar sepertiga inci atau 0,8 cm, ukuran buahnya bahkan lebih kecil dari ini. Ukuran buah Wolffia globosa hanya berkisar 0,7—1,5 milimeter atau seukuran dengan semut pencuri atau biasa disebut juga dengan semut minyak.

Jika buah ini diletakkan di atas telapak tangan Anda, maka buah ini hanya akan tampak seperti titik kecil. Dan tentu saja, ini bukan buah yang ideal sebagai camilan sehari-hari karena tidak akan membuat kita merasa kenyang.

Walaupun demikian, buah ini ternyata memiliki nilai gizi. Buah watermeal disebut-sebut kaya akan protein.

Meskipun buah ini kurang populer, buah ini masih sering dijadikan tambahan untuk smoothie, omelet, dan sup. Menurut Mental Floss, buah ini rasanya mirip selada air.

Food Network baru-baru ini juga mengatakan bahwa buah ini bisa saja menjadi “makanan super baru” jika terdapat peralatan yang memadai untuk membudidayakannya.

Baca Juga:  Yuk, Intip Tips Memilih Bibit Anggur yang Baik!
loading...
loading...