Buah yang Bagus untuk Penderita Hepatitis

PertaniankuHepatitis adalah penyakit yang umumnya disebabkan oleh infeksi virus dan ditandai dengan peradangan pada organ hati. Selain infeksi virus, penyakit ini bisa karena kebiasaan minum alkohol, penyakit autoimun, dan zat beracun atau obat-obatan tertentu. Hepatitis juga disebabkan oleh antibodi tubuh seseorang itu sendiri yang menyerang jaringan hati.

hepatitis
foto: Pertanianku

Penyakit hepatitis dapat mengganggu berbagai fungsi tubuh, terutama yang berkaitan metabolisme. Hati merupakan bagian penting dalam metabolisme tubuh.

Pengobatan hepatitis berbeda-beda, bergantung pada jenis hepatitis yang diidap. Untuk mencegah penyakit ini, Anda perlu melakukan imunisasi dan menerapkan gaya hidup sehat. Beberapa orang kerap mengandalkan ramuan herbal yang terbuat dari berbagai tanaman obat. Di antara tanaman obat tersebut, ada beberapa jenis buah-buahan yang umum dijumpai sehari-hari.

Pada dasarnya semua buah bagus untuk tubuh. Namun, ada beberapa jenis buah yang mampu membantu menyembuhkan penyakit hepatitis. Berikut ini buah yang bagus untuk penderita hepatitis.

Buah tomat

Gunakan dua buah tomat yang sudah masak dan gula pasir secukupya. Setelah buah tomat dicuci bersih, rebus dengan air secukupnya. Ketika air mendidih, angkat buah tomat, kemudian lumatkan/giling menggunakan blender. Saring air buah tomat dan tambahkan gula pasir. Ramuan ini dapat diminum ketika dingin sebanyak dua kali sehari.

Buah pepaya

Anda perlu menyediakan satu sendok makan biji pepaya, 3 jari buah pepaya mengkal, dan madu secukupnya. Haluskan biji dan buah pepaya menggunakan blender. Anda juga bisa mengolah ramuan dengan menumbuk biji pepaya, sedangkan buahnya diparut. Selanjutnya, tambahkan madu dan secangkir air masak. Ramuan dapat diminum tiga kali sehari, masing-masing sebanyak 1/3 bagian.

Buah murbei

Cuci bersih buah murbei segar 10 gram, kemudian haluskan dengan menggunakan blender lalu tambahkan satu gelas air masak. Ramuan ini memang merupakan jus murbei yang dapat Anda langsung minum.

Baca Juga:  Manfaat Tanaman Senggugu sebagai Obat Herbal

Mengkudu

Gunakan tiga buah mengkudu masak yang sudah dicuci dan dibilas dengan air masak. Parut buah mengkudu, lalu peras dengan sepotong kain. Tampung air perasan tersebut di dalam wadah/gelas. Air perasan dapat Anda minum dua kali sehari, masing-masing sebanyak ½ dari air perasan yang dihasilkan.