Buah yang Berfungsi Jadi Obat Kolesterol

Pertanianku — Peningkatan kolesterol di dalam darah atau hiperkolesterolnemia perlu mendapatkan perhatian karena dapat menjadi penyebab jantung koroner. Kenaikan tersebut bisa disebabkan oleh faktor keturunan dan asupan lemak tinggi. Cara untuk mengatasi kenaikan tersebut adalah mengonsumsi obat kolesterol dan memperbaiki asupan dengan menyeimbangkan perbandingan asam lemak jenuh dan tak jenuh, memberikan serat, serta karbohidrat kompleks.

kolesterol
foto: Trubus

Ada beberapa buah yang bisa dijadikan sebagai obat untuk mengatasi kolesterol. Simak ulasan jenis-jenis buah yang cocok jadi obat kolesterol.

Belimbing manis

Irisan buah belimbing dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Anda perlu mengonsumsi belimbing 2 kali sehari, yaitu setelah makan pagi dan malam, masing-masing 1 buah. Pilihlah belimbing yang sudah masak agar lebih enak disantap dalam keadaan segar.

Belimbing wuluh

Meski terasa sangat asam hingga kecut, belimbing wuluh juga bisa dijadikan sebagai obat kolesterol. Caranya, cuci bersih 3 buah belimbing wuluh, kemudian iris tipis-tipis. Rebus belimbing dengan 1 gelas air hingga mendidih, lalu teruskan selama 15 menit. Angkat dan dinginkan rebusan.

Minum air rebusan belimbing wuluh sekaligus, lakukan sebanyak 2 kali sehari. Ramuan ini dilarang untuk pengidap maag atau kencing batu.

Buah avokad

Avokad atau alpukat dapat diolah menjadi minuman jus. Jus terbuat dari avokad yang sudah masak sebanyak ½–1 buah atau kurang lebih 150 gram. Jus ini harus diminum setiap hari agar khasiatnya terasa. Jangan tambahkan gula pasir karena dapat meningkatkan kadar trigliserida darah.

Pepaya

Buah pepaya yang sudah cukup masak juga bisa dijadikan sebagai obat kolesterol. Pepaya bisa dikonsumsi sebagai buah segar atau dijus. Jus buah harus dikonsumsi 2–3 kali sehari.

 

 

 

Baca Juga:  Ekspor Pertanian Mencapai US$3,05 Miliar Hingga Agustus 2022