Buat Taman Murah dan Minimalis dengan Jenis Tanaman Ini

Pertanianku — Pemilihan jenis tanaman untuk taman membutuhkan kejelian. Setidaknya, Anda harus menentukan pilihan tanaman untuk groundcover, tanaman semak, dan tanaman tinggi. Dengan bujet terbatas, Anda tetap masih bisa membuat taman. Caranya adalah dengan memilih jenis tanaman yang harganya murah. Untuk alternatif taman murah dan minimalis, Anda bisa memilih berbagai jenis tanaman berikut.

taman murah dan minimalis
Foto: Shutterstock

Rumput golf

Dinamakan demikian karena rumput ini sering dijumpai di padang golf. Tidak semua rumput golf dapat ditanam di rumah. Perlu sinar yang cukup guna menanam tanaman ini. Jika sembarangan ditanam, rumput golf akan cepat mati. Harganya mulai dari Rp25.000 per meter persegi.


Loading...

Rumput gajah mini

Rumput ini tengah menjadi primadona sebab perannya tak hanya sebagai penutup tanah, tetapi juga sebagai penghias taman. Kini, ia semakin naik pamor sebagai dekorasi taman pada hunian. Rumput yang daunnya tebal ini panjangnya hanya 5 cm dan terlihat rapi. Harganya sekitar Rp25 ribu per meter persegi.

Rumput swiss

Dari semua jenis rumput, rumput inilah yang memiliki karakteristik paling lembut dan halus. Namun, rumput ini juga memiliki kekurangan, yaitu memerlukan pencahayaan matahari sebanyak 80 persen, harganya Rp30 ribu per meter persegi.

Sementara itu, tanaman semak adalah tanaman yang tingginya sekitar 30 cm—4,5 m. Pilih tanaman yang berbiaya murah untuk mendesai taman sesuai bujet. Tanaman semak juga bisa dibagi menjadi 3 bagian, yaitu tanaman semak tinggi, semak sedang, dan semak rendah.

Kamboja jepang

Tanaman ini berasal dari Gurun Sahara ini berbentuk seperti terompet. Memiliki warna yang indah membuatnya digemari pecinta taman. Ukurannya bisa mencapai 1 meter dengan harga Rp550 ribu setiap pohonnya.

Aralea atau aralia

Bentuknya mirip dengan brokoli kuning dan berdaun lebat. Tingginya hampir mencapai 1 meter, tetapi banyak ditemukan pula yang berukuran 40 cm—80 cm dengan harga Rp5 ribu setiap polibag.

Lavender

Tanaman lavender tumbuh subur di tanah yang kering dengan sinar matahari yang cukup. Lavender diyakini dapat mengusir serangga, maka sering ditanam sebagai pagar hidup. Harganya sekitar Rp10 ribu per 10 bibit.

Bunga matahari

Tanaman indah ini banyak digemari oleh pecinta tanaman. Warna kuningnya yang ceria membuat taman tampak indah dengan kehadirannya. Harganya sekitar Rp10 ribu per pot. Untuk jenis pohon, kamu bisa memilih cemara kipas. Selain di taman, pohon ini juga dapat ditanam di pagar sehigga dapat menjadi pembatas angin. Harganya sekitar Rp100 ribu setiap pohon.

Loading...
Loading...