Bubuk Herbal ini Tekan Kematian Unggas Akibat Flu Burung


Pertanianku – Inovasi bubuk herbal yang dibuat oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) dapat menekan angka kematian unggas akibat flu burung. Peneliti yang juga pakar veteriner Unggas IPB, yakni Bambang Pontjo Priosoeryanto menjelaskan, bubuk herbal tersebut dibuat dari tanaman jamu Indonesia.

Bubuk Herbal ini Tekan Kematian Unggas Akibat Flu Burung

Bambang mengungkapkan sebagaimana dikutip Jitunews (7/4), “Kami awalnya meneliti 100 tanaman yang ada di Indonesia dengan khasiat dan aktivitas masing-masing. Sampai akhirnya ada empat tanaman herbal yang ternyata memiliki kandungan dengan efek berbeda. Empat tanaman tersebut, yaitu temulawak, meniran, sambiloto, dan temu ireng.”

Penelitian yang dimulai sejak 2007 yang lalu menemukan kandungan pada tanaman tersebut memiliki antivirus untuk mencegah Avian influenza atau flu burung pada unggas. Untuk menghasilkan bubuk herbal, tanaman tersebut harus dikeringkan terlebih dahulu hingga menjadi bubuk atau tepung. Di dalam bubuk herbal itu, ada formula dengan komposisi masing-masing yang bisa mencegah flu burung yang terjadi pada unggas. “Bubuk herbal itu hanya perlu dicampur pada pakan ternak konvensional lalu diaduk hingga rata, baru diberikan kepada ternak,” tutur Bambang.

Jika dalam jumlah banyak, pakan ternak konvensional bisa diaduk bersama bubuk herbal menggunakan mixer. Setelah siap, pakan bisa diberikan kepada hewan ternak selama kurun waktu satu bulan secara terus–menerus. “Dari penelitian yang kami lakukan dan sudah kami terapkan pada ayam, 60% bubuk herbal yang dicampurkan pada pakan ternak bisa memberikan proteksi dan 40% bisa menekan kematian ternak karena flu burung,” ungkap Bambang.

Bambang beserta tim lainnya dari IPB kini sedang mengembangkan inovasi tersebut untuk mendapatkan paten yang lengkap. Diharapkan ke depannya bubuk herbal pakan ternak ini bisa digunakan tidak hanya oleh peternak besar,tetapi juga bagi peternak kecil pada setiap daerah.

Baca Juga:  Inovasi Mahasiswa UGM Manfaatkan Limbah Sawit Jadi Gas Hidrogen
loading...
loading...