Budi Daya Anggur dalam Pot untuk Mempercantik Pekarangan Rumah


Pertanianku – Buah anggur merupakan salah satu tumbuhan merambat. Buah ini biasanya dapat dikonsumsi langsung atau bisa juga diolah menjadi jus, atau untuk bahan campuran makanan lainnya. Buah ini juga bisa diolah menjadi kismis. Anggur memiliki cita rasa manis dan asam. Bentuknya yang bulat dan lonjong dengan warna bervariasi menjadikan buah ini banyak disukai orang. Anggur memiliki ragam warna, seperti merah, ungu, dan hijau. Kandungan vitamin pada anggur dapat mencegah kanker dan penyakit lainnya. Selain itu, anggur bermanfaat sebagai antiradikal bebas. Budi daya anggur pun sangat bervariatif. Anggur dapat dibudidayakan di pot atau dirambatkan langsung di halaman sebagai hiasan yang akan mempercantik rumah Anda.

Budi Daya Anggur dalam Pot untuk Mempercantik Pekarangan Rumah

Dengan menanam di dalam pot, kita bisa mendapatkan keindahannya. Oleh karena anggur termasuk tanaman merambat, buahnya akan bergelantungan sehingga tampak menarik. Namun, budi daya anggur dalam pot tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya tanaman buah anggur dapat tumbuh dengan baik.  Mulai dari pemilihan pot, media tanam, hingga perawatannya juga perlu dilakukan dengan benar. Membudidayakan anggur berbeda dengan buah lainnya. Berikut tahapan budi daya anggur.

  • Memilih pot yang tepat

Langkah pertama untuk budi daya anggur di pot adalah memilih pot yang tepat. Jenis pot yang cocok untuk tanaman anggur adalah yang terbuat dari bahan dasar tanah. Ini karena pot dari tanah memiliki pori-pori di bagian dasarnya yang bisa menyerap air. Pot berbahan dasar tanah akan membuat akar tanaman tidak mudah kering jika terlambat dalam memberikan air. Selain itu, pot tanah dapat menjaga kelembapan tanaman jika terlalu banyak memberikan air.

Pilih juga model pot yang bagus karena cara tumbuh tanaman ini sangat unik. Pot yang bagus bisa membuat tampilan anggur menjadi lebih cantik. Pilih pot yang ukuran diameternya lebih besar daripada permukaan dasarnya atau bisa juga ukurannya sama besar.

  • Perhatikan media tanam
Baca Juga:  Neraca Perdagangan Sektor Pertanian Tumbuh Hingga 70 Persen

Langkah budi daya anggur di pot selanjutnya adalah memerhatikan media tanam yang akan digunakan. Media tanam budi daya anggur dalam pot harus sesuai dengan karakter tanaman itu sendiri dan tidak bisa sembarangan.

Media tanam yang cocok untuk budi daya anggur adalah pasir dan juga pupuk kandang. Pasir mudah ditembus air dan juga akar buah anggur. Sebelum bibit anggur dimasukkan dalam pot, terlebih dahulu masukkan pasir dan pupuk kandang yang sudah dicampur dengan rata. Untuk lebih bagus lagi, 1/3 pot diisi tanah gambut. Tujuannya, agar bisa menghambat air keluar dari pot.

Masukkan terlebih dahulu batu bata yang sudah dipecah menjadi kecil-kecil ke dasar pot. Batu bata bisa diganti dengan genting dari tanah liat. Media tanam yang sudah dicampur dengan rata kemudian dimasukkan ke pot. Isilah pot dengan media tanam sampai penuh. Setelah itu, buat lubang untuk menanam anggur di tengahnya dengan ukuran lebih besar dari polybag yang digunakan bibit anggur.

  • Memasukkan bibit anggur

Masukkan bibit anggur yang sudah dilepas dari polybag ke lubang tanam. Atur posisi tanaman supaya tegak. Setelah itu, tutup lagi permukaan media tanam. Selanjutnya, siram hingga ketinggian tanah menurun sampai 5 cm dari pinggir pot karena pemadatan pada media tanam.

  • Penempatan tanaman

Terakhir, letakkan tanaman di tempat dengan pencahayaan matahari penuh. Kesuburan tanaman anggur tergantung dari pencahayaan. Hal ini karena anggur sangat menyukai pancaran sinar matahari langsung.

loading...
loading...