Budi Daya Bayam Rambat Itu Mudah

Pertanianku – Apakah Anda mengenal tanaman sayur yang dapat dijadikan tanaman hias untuk mempercantik pekarangan rumah? Dialah bayam rambat. Tanaman ini juga dikenal dengan nama basella, gandola, bayam ceylon, dan bayam malabar. Bayam rambat merupakan salah satu famili dari Basellaceae, sangat lezat jika dikonsumsi.

Budi Daya Bayam Rambat Itu Mudah

Belum lama ini Balai Penelitian Sayuran (Balitsa) Lembang, Jawa Barat, merilis varietas baru bayam rambat TOT 3578 dan TOT 1586. Hasil riset pada penelitian tersebut menunjukkan bahwa dalam 100 gram bayam rambat terdapat 2,1 gram protein, 3,9 gram karbohidrat, 0,3 gram lemak serta 1,3 gram serat. Bayam rambat juga banyak mengandung vitamin A dan C. Temuan ini sangat mencengangkang bukan? Pasalnya, belum banyak masyarakat yang mengonsumsi bayam rambat.

Loading...

Budi daya bayam rambat perlu dikembangkan lebih lanjut. Dengan kandungan gizinya yang luar biasa tersebut, budi daya bayam rambat bisa menjadi peluang usaha baru bagi Anda yang ingin menggelutinya. Terlebih tanaman ini tergolong cukup mudah untuk dibudidayakan.

Untuk budi daya bayam rambat di lahan seluas 1 hektare, diperlukan 1 ton kapur tohor. Sebelum memulai budi daya bayam rambat, Anda perlu menebar kapur tohor 2 minggu sebelum mulai menanam. Penebaran kabur tohor berfungsi sebagai pengatur pH tanah agar netral. Setelah itu, bibit ditanam dengan jarak tanam 80×60 cm. Bibit diperoleh dari benih semai memakai media kompos dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1. Saat tumbuh 3—4 daun, bibit siap dipindahkan ke lahan.

Setelah ditanam, jangan lupa untuk memberikan pupuk kompos. Untuk lahan 1 hektare, Anda dapat memberikan pupuk kompos sebanyak 20 ton/hektare. Kombinasikan dengan pupuk majemuk NPK seimbang 16:16:16 sebanyak 65 kg. Pemupukan lanjutan dilakukan selepas bibit berumur 10 hari pasca-dipindahkan ke lahan permanen. Sebaiknya, pupuk yang digunakan adalah NPK dengan volume sama dengan volume pada awal penanaman.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Jauh Turnip, Sayuran Eropa

Oleh karena bayam ini tumbuh secara merambat, Anda pun perlu menyiapkan ajir. Termasuk bila budi daya bayam rambat tersebut dilakukan memakai pot. Ajir ini berfungsi sebagai penopang sekaligus menjadi bidang rambatan tanaman.

Masa panen bayam rambat dapat dilakukan ketika tanaman berumur 36—40 hari setelah masa tanam. Bayam rambat dapat diolah menjadi sayur atau juga salad.

Loading...
Loading...