Budi Daya Belimbing dengan Pot


Pertanianku – Belimbing berasal dari Ceylon dan Maluku. Hingga saat ini tanaman buah ini banyak ditanam di kawasan Asia Tenggara, terlebih di Indonesia dan Malaysia. Tak hanya di Asia Tenggara, belimbing juga ditemukan di Cina Bagian Selatan, Taiwan, dan India.

Budi Daya Belimbing dengan Pot

Belimbing memiliki kulit buah yang tipis transparan serta mengkilap seperti lilin. Saat belimbing masih muda warnanya hijau. Ketika matang akan berubah warna menjadi kuning muda kemerahan. Panjang buahnya dapat mencapai 5–15 cm.

Budi daya belimbing dalam pot tidak begitu susah untuk dilakukan. Secara umum teknik budi daya belimbing dalam pot hampir sama dengan budi daya tabulampot lainnya. Yang terpenting adalah Anda tahu cara menanam yang benar serta perawatan yang harus dilakukan. Ada banyak keuntungan menanam tanaman dalam pot. Salah satunya adalah hemat tempat. Jika Anda tidak punya halaman, bertanam dalam pot bisa merindangkan teras Anda dan sekaligus mempercantiknya. Selain itu, menanam buah dalam pot juga praktis, ringkas, dan bisa dipindahkan ke mana saja, termasuk ke dalam rumah untuk mempercantik ruang tamu Anda. Tanaman buah dalam pot juga terkesan artistik dan unik serta produktif. Anda bisa memetik buah belimbing saat Anda duduk di ruang tamu Anda dan menikmatinya dengan keluarga.

  • Persiapan media tanam

Untuk memulai budi daya belimbing dalam pot adalah media tanam. Persiapkan media tanam yang cukup seperti sebuah pot yang besar. Masukkan media tanam yang berupa campuran tanah dan pupuk kompos yang sudah jadi dengan perbandingan 1:1. Tanah yang dipakai harus dijemur dulu selama 3–5 hari agar mendapat sinar matahari dan bakteri serta hama mati. Tanah yang dipakai bisa diambil dari pekarangan. Namun, pastikan tanah tersebut bebas dari rumput dan sampah serta jangan mengambil tanah yang tercampur pasir. Persiapkan pot yang akan dipergunakan untuk menanam. Pot yang dipergunakan sebaiknya terbuat dari tanah liat, ember, kaleng bekas, dan berbagai macam wadah yang bisa menampung tanah dan bagian bawahnya berlubang untuk pembuangan air. Pilih pot atau wadah yang sesuai dengan luas teras Anda sehingga akan tampak pas dan indah saat Anda menempatkannya di teras.

  • Penanaman
Baca Juga:  Tips Mudah Menanam Anggur Brazil di Polibag

Cara budi daya belimbing dalam pot cukup mudah. Jika media tanam sudah siap, bibit yang sudah disiapkan ditanam dengan hati-hati dan dipendam sampai sebatas leher akar. Sebelum ditanam, kurangi daun agar penguapan yang terjadi bisa dikurangi. Cara tanam seperti ini akan meningkatkan kesempatan hidup tanaman buah belimbing tersebut. Setelah penanaman, pemeliharaan harus dilakukan. Cara budi daya belimbing yang baik, pemupukan dilakukan untuk mempercepat tumbuh tanaman. Dalam waktu yang tidak begitu lama dan dengan cara menanam yang tepat, buah belimbing dalam pot Anda akan segera berbuah. Anda pun bisa menikmatinya bersama keluarga.