Budi Daya Jagung Manis Organik

Pertanianku – Apakah Anda saat ini sedang bingung dan mempertimbangan ingin memulai usaha apa yang dapat berkembang pesat. Cobalah Anda mempertimbangkan untuk menjalankan usaha budi daya jagung manis organik. Pasalnya saat ini banyak konsumen yang beralih mengonsumsi sayuran organik. Jadi bisa Anda bayangkan jika memiliki usaha budi daya sayuran organik. Namun, sebelum Anda memulai usaha, ada baiknya jika Anda mempelajari teknik-teknik budi daya yang benar. Agar tidak gagal dalam menjalankan usaha.

Budi Daya Jagung Manis Organik

Budi daya jagung manis lebih rentan dari serangan hama dan penyakit dibanding jagung biasa. Namun dari sisi nilai jual, jagung manis menawarkan harga yang lebih baik sehingga animo budi daya jagung manis tak pernah surut. Karena sifatnya yang bisa dikonsumsi langsung seperti jagung bakar atau jagung rebus, pasar jagung manis terbuka sampai ke tingkat retail.


Loading...

Jagung manis sendiri berkembang dari tipe jagung biasa jenis dent dan flint. Pada jagung manis terjadi mutasi gen resesif yang menghambat perubahan gula menjadi pati. Kadar gula pada jagung manis meningkat mulai hari ke-5 hinggan hari ke-15.

Budi daya jagung manis bisa dilakukan dalam kisaran iklim yang luas. Di Indonesia jagung manis bisa dibudidayakan mulai dari dataran rendah maupun dataran tinggi dengan ketinggian 1.800 meter dpl bahkan dibelahan dunia lain bisa tumbuh pada 3.000 meter dpl. Suhu optimum untuk pertumbuhan jagung manis adalah 21–27oC, pada masa perkecambahan benih 23–27oC. Secara teori budi daya jagung manis bisa tumbuh di atas tanah dengan tingkat keasaman 5–8 pH.

 

Budi daya jagung manis tidak akan maksimal apabila kebutuhan hara tidak tercukupi. Tanaman ini memerlukan unsur nitrogen (N) dalam jumlah besar. Namun pemberian pupuk harus memperhatikan keseimbangan antara nitrogen, kalium (K) dan pospat (P). berikut teknik tepat budi daya jangung manis.

  • Pengolahan lahan secara organik
Baca Juga:  Mengintip Keuntungan Budidaya Jamur Tiram

Pada Budi daya jagung manis bisa ditanam di lahan bekas sawah secara langsung atau bisa dibuat bedengan. Apabila lahan yang dipakai bekas sawah, usahakan agar lahan tidak tergenang air. Bedengan pada tanaman jagung berfungsi untuk mengatur saluran drainase. Bedengan bisa dibuat dengan ukuran lebar 1 meter dan tinggi 20–30 cm. Atur jarak antar bedengan sebesar 30 cm. Dalam satu bedeng bisa ditanam dua larik tanaman.

  • Pemberian pupuk

Untuk budi daya jagung manis organik sebaiknya campuran dari pupuk kotoran ayam dengan kotoran sapi atau kambing dengan komposisi perbandingan 1:1. Pupuk kotoran ayam memberikan kadar N yang banyak dan lebih cepat terurai, sedangkan pupuk kotoran sapi atau kambing lebih kaya akan K dan P. Kebutuhan pupuk dengan metode organik adalah sekitar 5 ton per hektare.

  • Penanaman dan perawatan

Penanaman jagung manis paling efektif dengan cara ditugal. Pertama buatlah lubang sedalam 2–3 cm kemudian masukan 2 butir benih jagung. Setelah itu tutup dengan tanah dan kompos, kemudian siram agar kelembaban tanah terjaga. Kebutuhan benih untuk budi daya jagung manis adalah 8 kg per hektare.

Jarak tanam pada budi daya jagung manis adalah 60–75 cm. Jarak tanam ini mengikuti jumlah populasi ideal tanaman. Budi daya jagung manis akan munai hasil baik dengan menjaga populasi tanaman sebanyak 34.000–37.000 tanaman per hektare.

 

Loading...
Loading...