Budi Daya Kedondong dalam Pot Ternyata Bisa!

Pertanianku – Kedondong merupakan buah yang sangat populer di Indonesia. Buah ini termasuk ke dalam suku mangga-manggaan (Anacardiaceae). Lain halnya di luar negeri, kedondong adalah buah eksotik yang cukup banyak penggemarnya dan termasuk buah impor yang cukup mahal harganya.

Budi Daya Kedondong dalam Pot Ternyata Bisa!

Kedondong dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Bahkan, sampai ketinggian 700 m dpl dengan suhu sekitar 30 derajat Celcius. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang cukup dengan curah hujan sedang. Tanaman buah ini merupakan tanaman yang dapat berbuah sepanjang tahun. Anda pun bisa melakukan budi daya kedondong di dalam pot. Cara memeliharanya pun terbilang cukup mudah.

Loading...

Budi daya kedondong dapat dilakukan melalui cara vegetatif dan generatif. Pada budi daya kedondong teknik vegetatif dilakukan dengan cara mencangkok dan okulasi. Tanaman buah satu ini akan mulai berbuah saat berumur enam bulan.

Pada saat Anda ingin budi daya kedondong sebaiknya dilakukan di awal musim hujan. Waktu yang tepat untuk menanam adalah pada pagi atau sore hari. Hal ini perlu diperhatikan karena saat musim hujan kedondong akan banyak ditumbuhi akar. Banyaknya akar ini akan berpengaruh ketika musim kemarau datang tanaman tidak akan kekurangan air.

Berikut teknik tepat budi daya kedondong.

  1. Siapkan pot dengan diameter 30 cm dengan kedalaman 35 cm. Gunakan pot yang memiliki lubang di dasarnya sebagai aerasi. Lalu, masukkan beberapa potongan batu bata atau genting ke dasar pot setebal 5 cm fungsinya adalah agar media tanam tidak terbawa bersama air pada saat tanaman disiram.
  2. Siapkan bibit dan lepaskan dari polybag dengan cara digunting. Tarik perlahan agar akar tanaman tidak rusak. Kemudian, masukkan bibit kedondong ke dalam pot yang telah disiapkan. Setelah tanaman dimasukkan, tambahkan media tanam.
  3. Lakukan penyiraman secara rutin. Letakkan tanaman di tempat yang teduh untuk memunculkan tunas baru. Setelah tunas baru muncul, pindahkan pot ke tempat yang mendapatkan sinar matahari.
Baca Juga:  Pepaya Carmida Bagus untuk Memenuhi Kebutuhan Vitamin C Tiap Hari

Itulah teknik tepat dalam budi daya kedondong. Jika Anda berminat dan tertarik, silakan coba di rumah.

Sumber: Buku 20 Tanaman Buah dalam Pot

Loading...
Loading...