Budi Daya Lidah Buaya dalam Pot

Pertanianku – Lidah buaya merupakan tanaman yang cukup populer di Indonesia. Pasalnya, tanaman satu ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan untuk mempercantik rumah, tetapi memiliki banyak manfaat. Lidah buaya bisa digunakan sebagai tanaman obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

Budi Daya Lidah Buaya dalam Pot

Oleh karena lidah buaya dapat berfungsi sebagai tanaman obat, permintaan lidah buaya semakin meningkat di masyarakat. Pembudidayaannya pun terbilang mudah. Lidah buaya tidak memerlukan lahan luas untuk dikembangkan. Pot plastik ataupun pot tanah dapat menjadi media lidah buaya. Demikian juga perawatannya yang tidak susah. Dengan begitu, budi daya lidah buaya dapat dilakukan oleh siapa saja.

Loading...

Nah, bagaimana membudidayakan lidah buaya? Berikut tips budi daya lidah buaya dalam pot.

Persiapan media

Pada budi daya lidah buaya, tahap pertama yang diperlukan adalah mempersiapkan media tanah untuk menanam. Tanah yang dibutuhkan adalah tanah yang gembur dan subur. Dalam mempersiapkan media tanah terdapat beberapa tahapan berikut.

  • Cari media tanam yang subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik.
  • Begitu telah menemukan, bajak dan ratakan dengan cangkul.
  • Dalam proses perataan ini harus diberikan tambahan pupuk kandang atau kompos, lalu tambahkan air secukupnya.
  • Sebelum dilakukan penanaman, sebaiknya media tanam didiamkan 4—5 hari, kemudian masukkan dalam pot.
  • Untuk media pot yang akan digunakan dalam budi daya lidah buaya ini bisa menggunakan ukuran besar, sedang, ataupun kecil, sesuai kebutuhan dan keinginan kita.

Pembibitan tanaman

Pembibitan lidah buaya dapat dilakukan dengan cara generatif, yakni dengan mencari anakan pada indukan tanaman lidah buaya. Hal ini dilakukan dengan cara mencabut atau mencongkel dengan hati-hati supaya tidak merusak tanaman. Setelah itu, pindahkan ke media tanam yang sudah disiapkan.

Baca Juga:  Obati Asma dengan Tanaman Hias Irah-irahan (Cissus javana)

Proses pembibitan pada tanaman lidah buaya ini membutuhkan waktu 3—5 minggu. Hal ini dimaksudkan supaya tanaman lidah buaya tidak mudah terserang oleh hama dan penyakit serta dapat tumbuh dengan cepat.

Pembudidayaan

Sebelum bibit dipindahkan, masukkan media tanam terlebih dahulu ke pot atau polybag. Lakukan dengan perlahan dan jangan sampai terlalu penuh. Buatlah lubang tanam dengan kedalaman 2—4 cm. Lalu, masukkan bibit yang sebelumnya sudah dipersiapkan ke lubang tanam. Tambahkan sedikit tanah di sekitar bibit, lalu siram sampai kondisi tanah basah.

Pemeliharaan pada tanaman lidah buaya

Dalam proses pemeliharaan lidah buaya dalam pot tidaklah sulit. Hal yang diperlukan hanyalah melakukan penyiraman, penyiangan, dan pemupukan secara rutin.

  • Penyiraman
    Penyiraman 2 kali dalam satu hari, yaitu pagi dan sore hari.
  • Penyiangan
    Tahapan penyiangan dengan membersihkan tanaman liar yang mengganggu lidah buaya.
  • Pemupukan
    Pemupukan dilakukan secara berskala, yakni 2 hingga 3 bulan sekali atau dua kali tergantung kita. Untuk pupuk yang diberikan berupa urea, TSP, dan juga pupuk lainnya yang dapat menyuburkan tanaman.

Itulah sekilas informasi tentang budi daya lidah buaya dalam pot.

Loading...
Loading...