Budidaya Bawang Merah di Polibag

Pertanianku — Bawang merah tidak hanya bisa ditanam di lahan, tetapi juga bisa ditanam di polibag dengan teknik budidaya yang terbilang cukup mudah. Menanam bawang merah di polibag bisa menjadi kegiatan yang bagus karena mengandung banyak manfaat, seperti menyehatkan tubuh, memanfaatkan waktu serta lahan yang terbatas, serta mendapatkan hasil panen berupa bawang merah yang bisa digunakan untuk kepentingan pribadi atau komersil.

menanam bawang merah
foto: Pixabay

Bawang merah yang dipanen digunakan sebagai bumbu masakan atau sebagai obat herbal untuk beberapa jenis penyakit tertentu.

Sebelum menanam bawang merah di polibag, ada beberapa langkah persiapan yang harus dilakukan. Berikut ini tahapan budidaya bawang merah di polibag.

Media tanam

Media tanam yang diperlukan untuk menanam bawang merah di dalam polibag adalah tanah gembur, arang sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Berikan pupuk Sp-36 sebanyak 3 gram yang dicampur dengan satu sendok teh furadan untuk satu polibag tanaman.

Media tanam yang sudah tercampur merata dimasukkan ke polybag, lalu disiram dengan air secukupnya. Media tanam perlu dibiarkan selama 2 hari sebelum digunakan untuk menanam. Ukuran polibag yang cocok digunakan sekitar 30 cm × 40 cm.

Cara menanam

Pilihlah umbi bawang merah yang sehat dan bagus. Tanam bagian ujung bawang hingga 1/3 bagian umbi. Dalam satu polibag bisa digunakan untuk menanam 3 umbi bawang. Umbi ditanam hingga ke bagian lehernya dengan jarak 5 cm antarumbi. Setelah itu, umbi disiram dengan air secukupnya. Letakkan polibag di area terbuka yang mendapatkan sinar matahari.

Cara merawat

Tanaman bawang merah cukup disiram sebanyak 1—2 kali sehari bergantung pada musim. Gulma yang tumbuh liar harus rutin disiangi agar tidak mengganggu pertumbuhan tanaman. Berikan pemupukan secara rutin setelah tanaman berumur 6 minggu setelah masa tanam.

Baca Juga:  Keunggulan Usaha Kangkung Hidroponik

Bawang merah rentan terhadap beberapa jenis hama sehingga Anda harus berjaga-jaga dengan mempersiapkan pestisida nabati.

Panen

Tanaman bawang merah sudah bisa dipanen setelah berumur tiga bulan dengan ciri-ciri daun tanaman yang sudah menguning hampir 80 persen. Selain itu, umbi bawang terlihat muncul di permukaan dan leher batang tanaman sudah kosong atau gembos.